Share

MPV Masih Sulit Dikalahkan SUV & City Car

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 11 September 2012 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 11 52 688254 Hn1oKJVCIK.jpg F : Toyota All New Avanza (Azwar F/Okezone)

BANDUNG - Saat ini pilihan jenis mobil yang ada di pasar automotif Tanah Air banyak ragamnya. Konsumen dihadapkan tidak hanya pada satu jenis segmen, namun dengan pilihan yang beragam.

 

Segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi penguasa, dengan selalu mencatat penjualan tertinggi. Bahkan MPV terus menjadi penguasa meski Indonesia kedatangan varian lain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), segmen compact car (mobil ringkas), atau segmen mini van.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Toyota Astra Motor (TAM) sebagai raja penjualan MPV di Indonesia, memprediksi di tahun depan masih menjadi milik MPV. Toyota sendiri memiliki banyak ragam, dengan andalan utama Toyota New Avanza dan Toyota Grand Innova.

 

"Sepertinya MPV di tahun depan masih tetap dominan memegang penjualan. Pasar mobil itu ada dua kecenderungan di wilayah sedan dan MPV. Kini ada tren baru ke compact car dan SUV," jelas Direktur Marketing PT TAM, Joko Trisanyoto di acara test drive Toyota Fortuner VNT, Selasa (11/9/2012).

 

Joko menambahkan, ceruk pasar yang diambil mobil serba guna berkisar di angka 40 persen, disusul segmen kendaraan komersil yang mengambil pasar 30 persen, SUV mendapat jatah 11 persen, compact car mendapat 14 persen dan sedan mengambil jatah hanya lima persen.

 

Sementara itu lanjut Joko, Toyota Avanza sebagai penguasa segmen MPV meraih penjualan sekitar 16 ribu unit per bulan. "Avanza masih sangat baik. Bahkan penjualan tertinggi dipegang Avanza Veloz, yang mendapat market share 35 persen. Saya pikir, hadirnya MPV dari merek lain juga tidak pengaruh pada penjualan MPV kami, dalam hal ini Avanza," tutup Joko.

(adt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini