Share

Mesin, Kaki & Teknologi Yaris Signal Kustom

Aditya Maulana, Okezone · Sabtu 08 September 2012 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 07 312 686830 m6lsrDcuX3.jpg F: Yaris Signal Kostum (Aditya M/Okezone)

JAKARTA - Kaki-kaki digarap pada lini demi lini dengan menitik beratkan pada spesifikasi puncak pada lineup product yang digunakan dengan tujuan mendapatkan fungsionalitas terbaik, faktor safety dengan tingkat harmonisasi dekoratif dengan keseluruhan konsep yang diusung.

Velg menggunakan special order SSR type C dengan lebar 9,5 inch pada keempat bagiannya dipilih dengan mempertimbangkan bobotnya yang ringan serta pemilihan modelnya yang sangat sporty.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat ini tidak ada produsen lain di dunia yang menggunakan SSF (Semi Solid Forging) atau HTM (Heat Treatment Manufacturing). Selain dari SSR yang telah mematenkannya di seluruh dunia, hal tersebut yang mebuat SSR menjadi velg yang ringan dan kuat. SSR juga memilki keunggulan proses pembuatan barrel per barrel shingga membuat barrel tersebut menjadi sangat ringan dan kuat, bahkan dari volk te37 sekalipun.

Ban menggunakan Yokohama ADVAN Neova AD08 pada keempat roda, Advan Neova AD08 merupakan ban yang memiliki keunggulan extreme performace summer tires, sesuai dengan konsep serta semangat yang diusung ban tersebut merupakan pilihan yang paling tepat untuk Yaris modifikasi ini.

Bagian suspensi menggunakan Coil over Aragosta yang telah terbukti keunggulannya pada berbagai kompetisi racing, dipadukan dengan Carbing underbrace, cusco strut bar, serta cusco sway bar kestabilan, dan ketangguhan bagian suspensi mobil ini sudah tidak dapat disangkalkan.

LSD Carbonetic 1,5 Way Carbon dibenamkan pada suspensi Yaris ini tujuannya untuk menghasilkan putaran traksi yang sama pada bagian kiri dan kanan mobil ini. Selain itu pada aplikasinya LSD ini akan sangat berguna karena putaran torsi yang sudah sangat besar di mesin sehingga alat ini akan membuat mobil menjadi stabil dan aman digunakan sehari hari.

Bagian rem menggunakan yang terbaik di kelasnya dengan menggunakan AP Racing 6-pot di bagian depan dengan APP braided line, serta AP Racing 4 Pot di bagian belakang. Ditambah dengan customisasi bagian pengereman belakang dengan penambahan satu kaliper khusus yang dibuat untuk rem tangan sehingga seluruh kinerja pengereman bekerja dengan sangat mumpuni, mengingat modifikasi mesin yang sudah on spec.

Aplikasi modifikasi kaki kaki lainnya adalah proses electrocoating titanium pada bagian undercarriage serta airbrushing pada bagian undercarriage dengan tujuan memberikan impresi dekoratif yang maksimal.

Sementara untuk sektor dapur pacu, sama seperti bagian lainnya, sektor mesin dimodifikasi secara maksimal, sekalipun regulasi mencatatat hanya 15 persen tetapi Signal Kustom Built berusaha untuk memberikan totalitas. Tercatat modifikasi mesin yang dibuat oleh Premier Autowerks, dan dimaksimalkan kinerjanya oleh Indra Maiza serta Ovi Sardjan mencatatkan estimasi dyno 250HP on wheel.

Modifikasi yang dilakukan meliputi seluruh perubahan dari bagian internal (Piston, Rod, Head stud, Jun Camshaft, Porting and Polish, Spring valve,Clucth, etc) dan bagian lainnya seperti Turbo kit, wastegate, Fuel pump, header, fuel pump serta berbagai modifikasi lainnya yang bertujuan untuk membuat mesin Yaris ini bekerja hingga kepada kemampuan paling maksimal.

Selain itu dibuat beberapa custom seperti stainless turbo manifold, custom manifold downpipe, custom alumunium turbo piping. Selain aplikasi yang bertujuan meningkat kinerja mesin seluruh materi yang digunakan dan teknik pengelasan menggunakan tenaga kerja terbaik. Pada sektor piping turbo maupun pada bagian exhaust system yang menggunakan tig welding stainless bertujuan untuk mendapatkan engine dress up yang menarik serta dekoratif, aplikasi weapon r titanium, weapon r titanium oil catch tank serta weapon r boost port bertujuan untuk memaksimalkan hal tersebut.

Aplikasi engine sangat aman untuk diaplikasikan sehari hari dikarenakan penambahan LSD, Jun Flywheel serta penggantian

beberapa internal untuk keamanan mesin itu sendiri. Mesin yang dibangun diharapkan dapat mengejar tingkat Horse Power yang besar dan dapat digunakan untuk penggunaan harian.

Masuk ke sektor multimedia, Gadget, dan Audio yang mengandalkan teknologi dan semangat anak muda, itulah yang diusung oleh Pioneer dalam memodifikasi Toyota Yaris ini. Head unit yang sangat canggih seperti MIXTRAX yang dapat meremix lagu tanpa henti layaknya memiliki DJ private di dalam kabin mobil. Selain itu Head Unitnya dapat diubah menjadi virtual dashboard dengan dikoneksikan APP Command via OBD Wifi sehingga memungkinkan head unit mobil dapat menampilkan seluruh data-data mobil, dan memiliki google map yang dapat dioperasikan melalui head unit mobil, serta dapat mengorganize reminder dan pengingat pesan yang full access via head unit mobil.

Seluruh produk yang digunakan pada project Yaris ini menggunakan Pioneer yang terbaik di kelasnya, total 4 Subwoofer 10-inch, 4-pair middle speaker, 4-power, dan satu head unit untuk multimedia utama, serta satu head unit untuk baby multimedia dibenamkan.

Concept sporty diaplikasikan dalam aplikasi carbon fiber pada beberapa detail cover box audio, material finishing lainnya menggunakan fiber box dengan tujuan mendapatkan aspek fashion dan fun karena material tersebut dapat diaplikasikan airbrush, selain itu aspek fungsionalitas juga menjadi pertimbangan yaitu jarak pandang yang aman tanpa menghalangi spion serta aspek fungsi baik di bagian depan (pengemudi dan penumpang), baby seats di bagian tengah, dan entertainment multimedia di bagian belakang.

Multimedia dan Gadget diaplikasikan dalam berbagai macam teknologi yang baru dan bersifat belum pernah diaplikasikan sebelumnya. Sebut saja Iphone Siri for engine start, merupakan system kerja merubah trigger dengan memanipulasi siri secara system sehingga dapat memasukan satu program coding yang baru, dan membuatnya menjadi satu trigger untuk engine start.

Touch screen glass monitor (passanger side), merupakan aplikasi dari berbagai macam teknologi terapan yang digabungkan sehinggan menjadi suatu bentuk teknologi touch screen pada kaca mobil tersebut, kaca mobil tersebut dapat berubah menjadi suatu multimedia canggih yang dapat memutar lagu, mengetik word aplikasi, memutar youtube, mengirim email, menonton video, dan mengakses beberapa perintah secara langsung kepada mobil itu sendiri.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini