Share

Ini Sham-borghini, Bukan Lamborghini Reventon

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 04 September 2012 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 04 52 684932 YDWo7WttoG.jpg F: Replika Lamborghini Revanton (the sun)

JIANGSU – Ide tangan-tangan kreatif dalam melahirkan sebuah karya memang tidak terbatas. Kali ini seorang mekanik asal China melahirkan sebuah replika dari supercar Lamborghini Reventon.

Seperti dilansir The Sun, Selasa (4/9/2012), mekanik asal China tersebut bernama Wang Jian. Mekanik 28 tahun yang tinggal di Jiangsu ini menghabiskan dana sebesar 6 ribu poundsterling atau hampir Rp100 juta, buat membangun replika Reventon ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Harga yang harus dikeluarkan Wang Jian ini memang sangat tidak sebanding dengan harga asli satu unit Lamborghini Reventon. Mobil super yang hanya diproduksi sebanyak 21 unit di seluruh dunia tersebut memiliki banderol mendapai 1 juta poundsterling atau Rp15,156 miliar.

“Saya sangat mencintai mobil super seperti ini sejak kecil. Setelah saya dewasa dan memiliki sedikit pengalaman, saya mulai merancang replika Reventon,” jelas Wang Jian.

Dari foto yang ditampilkan, Lamborghini Reventon karya Wang Jian ini memang masih jauh dari sempurna. Kaca mobil belum terpasang, dan rangka serta bodi masih terkesan dalam tahap pengerjaan. Tidak diketahui mesin apa yang digunakan Wang Jian untuk Reventon karyanya ini.

Lamborghini Reventon adalah mobil super yang didesain dengan inspirasi pesawat tempur Amerika Serikat, F22 Raptor. Layaknya sebuah pesawat tempur, warna eksterior Reventon didominasi warna abu-abu doff.

Balutan serat karbon membuat warna mobil tersebut jadi lebih garang. Di bagian dalam mobil, aura pesawat tempur juga sangat terasa. Panel instrumen di Reventon terdiri atas tiga display LCD dengan dua mode tampilan yang berbeda. Di instrumen ini, layar yang ditampilkan sangat mirip dengan pesawat terbang.

Pengemudi dapat mengubah display sesuai keinginan, mau mencantumkan G-sensor, fuel meter, tekanan ban, torsi dan tenaga di penggerak, earth circle, sensor koefisien, dan jam, bisa tinggal pencet saja. Mobil ini mengandalkan mesin Lamborghini dengan kapasitas 6.5 Liter, 12 silinder dalam konfigurasi V (V12), yang bisa dibesut sampai 8.000 putaran mesin per menit (rpm).

Adapun tenaga maksimum mesin mencapai 640 PK.Tenaga torsi besar maksimum 660 Nm dihasilkan pada putaran mesin berapa pun. Lamborghini Reventon adalah mobil Lamborghini yang paling mahal, yakni seharga USD1,8 juta (Rp16,281 miliar). Top speed nya tercatat di Dubai pada 356 kilometer per jam (221,2 mph). Hanya 20 mobil yang dijual ke publik dan dengan satu mobil tambahan (ditandai sebagai 0/20) diproduksi untuk Museum Lamborghini.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini