Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mushika Formula ITB Siap Tarung di Jepang

Iman Herdiana , Jurnalis-Senin, 27 Agustus 2012 |17:54 WIB
F: MNC Mushika Formula ITB (Iman H/Okezone)
F: MNC Mushika Formula ITB (Iman H/Okezone)
A
A
A
BANDUNG – Tim Mushika Formula ITB yang akan ambil bagian di ajang lomba mobil Formula Society of Automotive Engineers International (SAE) mahasiswa di Jepang, 3-7 September 2012, sudah siap bertarung untuk mengharumkan nama Indonesia.

Dosen pembimbing Tim Mushika Formula ITB Indra Nurhadi mengatakan, Mushika Formula ITB merupakan mobil balap pertama yang siap dikompetisikan di Jepang. “Mobil balap SAE ini terobosan bagi mahasiswa berikutnya untuk menghasilkan mobil balap kedua, ketiga dan seterusnya dengan performa yang makin baik lagi,” ungkapnya.
 
Indra menjelaskan, pada Formula SAE kelas mahasiswa di Jepang nanti Mushika Formula ITB akan mengikuti dua kategori kompetisi yakni statik yang meliputi penilaian interior dan eksterior mobil. Dan dinamik yakni performa mobil saat melaju di sirkuit. Kompetisi ini bukan jenis balapan massal tetapi tiap kontestan akan melaju satu persatu untuk dinilai kemmapuan, manuvernya di track, dan seterusnya.
 
Formula SAE adalah perlombaan tahunan dalam perancangan mobil balap kecil yang digagas pertama kali oleh SAE. Kompetisi ini pertama kali digelar di Amerika Serikat (AS) dengan nama SAE Indy.
 
Formula SAE sekarang sudah diadopsi oleh banyak negara dan menjadi perlombaan berskala internasional, dengan regulasi perlombaan diatur dan ditetapkan oleh SAE AS. Untuk benua Eropa, SAE diselenggarakan di Inggris, Jerman, Italia dan Austria. Dan di AS diselenggarakan di Virginia dan Brasil.
 
Untuk benua Asia, SAE diselenggarakan di Jepang dan Australia. Perlombaan September 2012 nanti merupakan Formula SAE ke-10 di Asia. Kunci dari perlombaan ini adalah keaslian dan inovasi yang harus ada dalam mobil. Tiap tahunnya tim wajib membuat inovasi pada mobilnya. Diharapkan, formula SAE dapat mendorong kemajuan automotif dunia internasional, termasuk Indonesia.
 
Mushika Formula ITB merupakan sekumpulan mahasiswa ITB yang berkegiatan di bidang otomotif, khususnya formula kelas mahasiswa. Tujuan didirikannya Mushika Formula ITB sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkarya di bidang otomotif, memeperluas wawasan dan cara berpikir rasional, cerdas dan terarah.
 
Kegiatan yang dilakukan Tim Mushika Formula ITB adalah merancang dan membuat sendiri mobil formula kelas mahasiswa yang akan diikutsertakan dalam perlombaan kelas dunia di Jepang yang diselelnggarakan setiap tahun pada bulan September. Perlombaan akan diadakan 3-7 September 2012.
 
Ketua Tim Mushika Formula ITB, Tri Aghna Satriya, menjelaskan, tim yang berangkat terdiri dari sembilan orang teknisi dan empat orang driver. Mobil Mushika akan diberangkatkan hari ini, sedangkan tim akan berangkat ke Jepang 31 Agustus mendatang.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement