Share

Mau Mudik, Orang & Kendaraan Harus Fit

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 10 Agustus 2012 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 10 52 675953 ZfYd33vOkC.jpg F: Ilustrasi

JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri segera tiba, masyarakat yang tinggal di kota besar pun bersiap melakukan perjalanan untuk merayakan hari besar di kampung halaman. Namun bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, perhatikan hal berikut ini.

"Ada dua hal besar yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik. Pertama orangnya, dalam arti fisik harus benar-benar dalam kondisi fit. Kedua ya kendaraannya," terang Parman Suanda, Service Manager Plaza Toyota kepada Okezone.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kondisi kendaraan yang prima tentunya akan menentukan kenyamanan berkendara dan meminimalisir peluang kecelakaan. Terlebih lagi jarak yang akan ditempuh lumayan jauh dengan kondisi jalan dan cuaca yang berbeda-beda.

Menurut Parman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menservis kendaraan yang telah menempuh perjalanan diatas 60.000 kilometer. Hal itu untuk menunjang kenyamanan perjalanan selama mudik lebaran.

"Servis 60.000 km itu cukup besar juga, yang perlu dilakukan itu mengganti oli mesin, ganti saringan oli, tune up, rem. Selain itu dilakukan juga pengecekan tali kipas, air radiator dan juga air wiper." ujarnya.

Lebih lanjut, Parman menuturkan pemeriksaan juga dilakukan pada sektor kaki-kaki. "Pemeriksaan ban juga termasuk karena pada jarak tempuh tersebut disasrankan untuk melakukan spooring & balancing," tambah pria ramah tersebut.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini