Share

Boleh Pakai Bagasi di Atas Mobil, Asal...

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 08 Agustus 2012 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 08 52 675019 dvRCxtaFaB.jpg F: bagasi di atas mobil (avanzaxenia.net)

JAKARTA – Selain membawa banyak penumpang saat mudik, biasanya pemudik juga membawa banyak barang bawaan. Baik itu barang kebutuhan keluarga, atau hanya sekedar oleh-oleh untuk kerabat.

Sebenarnya boleh-boleh saja menempatkan rak atau bagasi tambahan di atas mobil. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar barang tersebut tidak menggangu kenyamanan berkendara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Asal tetap diperhatikan bobot barang bawaan tersebut. Jangan terlalu berat, nanti akan berefek pada kestabilan mobil. Sebaiknya hanya barang-barang penting saja yang di bawa,” jelas Edi Permana, Kepala Bengkel Proton Pondok Indah, saat berbincang dengan Okezone.

Edi menjelaskan, setiap mobil sebenarnya sudah diperhitungkan bagaimana sistem aerodinamisnya bekerja. Bila menggunakan bagasi di atas, maka itu akan mengganggu sistem aerodinamis.

“Pasti akan berpengaruh pada sistem aerodinamis kendaraan. Terlebih jika itu mobil jenis sedan atau hatchback kecil, kalau di MPV mungkin tidak terlalu terasa. Yang pasti tetap jaga kemampuan bobot mobil, bila kapasitas mobil sudah penuh dengan penumpang, barang bawaan jangan terlalu banyak,” tutup Edi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini