Share

Tahapan Periksa Mobil Sebelum Mudik

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 08 Agustus 2012 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 08 52 674915 iTfI2K90SG.jpg F: Bengkel Proton (ist)

JAKARTA – Mudik ke kampung halaman saat Lebaran, identik dengan perjalanan panjang yang membutuhkan waktu lebih dari 20 jam. Bila membawa kendaraan pribadi seperti mobil, tentunya mobil harus dalam kondisi prima, agar tetap selamat sampai tujuan.

Seperti sudah banyak dibahas sebelumnya, pemeriksaan kendaraan di bengkel adalah hal yang mutlak dilakukan sebelum mudik. Pemeriksaan kendaraan ini akan lebih mudah bila kita memiliki riwayat pemeriksaan yang teratur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Pengecekan kendaraan akan mudah bila mobil tersebut punya catatan pemeriksaan yang lengkap. Jadi semua akan terekam, pemilik tinggal menyebutkan apa saja kekurangan yang dirasakan,” jelas Edi Permana, Kepala Bengkel Proton Pondok Indah, saat berbincang dengan Okezone, Selasa 7 Agustus 2012.

Edi menuturkan, biasanya pengecekan standar sebelum mudik sudah pasti pada bagian mesin kendaraan. “Paling mudah dari mesin bisa dilihat bila ada bagian-bagian yang basah karena rembesan oli, bila ada oli yang menetes sebaiknya dicari sumbernya dan dilakukan pergantian kerusakan. Khawatir, bila perjalanan panjang, oli mesin akan berkurang dan menimbulkan dampak lebih parah,” lanjutnya.

Selanjutnya ke bagian radiator. Ini adalah salah satu elemen penting pada kendaraan. Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin, terlebih saat perjalanan panjang dimana mesin mobil terus bekerja.

“Radiator wajib diperiksa, khawatir adanya kebocoran kecil baik di bagian selang atau bagian radiator lainnya. Juga selalu bawa cadangan air cooler di kendaraan, untuk berjaga-jaga bila air radiator berkurang. Bila dalam keadaan darurat, bisa diisi dengan air mineral kemasan,” beber pria ramah ini.

Selesai di bagian mesin, bisa dilanjutkan pemeriksaan pada bagian kaki-kaki dan ban. Bagian ini biasanya paling mudah dirasakan, bila mobil butuh spooring atau balancing, bisa dirasakan kemudi yang berat sebelah. Segera lakukan pemeriksaan dan perbaiki bila ada kekurangan. Suspensi juga idealnya diperiksa, karena itu berpengaruh pada kenyamanan mobil.

Bagian ban juga penting diperiksa, bila masih bisa dipakai untuk perjalanan jarak jauh, isi tekanan secukupnya. “Biasanya kalau sedan diisi dengan tekanan 32 psi di semua ban sudah cukup. Kalau MPV seperti Proton Exora diberi tekanan 35 bagian belakang dan 32 bagian depan, karena MPV biasanya akan diisi orang banyak.”

Bila tahapan-tahapan tersebut sudah diperiksa dengan baik, Anda bisa menikmati perjalanan mudik dengan rasa tenang, aman dan nyaman. Selalu simpan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi, dan tentunya tetap safety driving.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini