Share

Mobil Listrik Buatan China Lebih Murah Dibanding Indonesia

Aditya Maulana, Okezone · Rabu 01 Agustus 2012 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 01 52 671666 ftoY0Wh2FO.png F : Mobil Listrik Buatan China (Autoevolution)

NEW YORK – Pasar mobil listrik (electric vehicle) nampaknya akan semakin menggeliat, baik di pasar automotif gobal maupun nasional. Di Indonesia sudah ada beberapa lembaga yang mulai membuat mobil listrik. Hal itu dilakukan untuk menghemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

 

Namun yang menjadi kendalanya yakni, mobil listrik harganya masih mahal dan sulit dijangkau oleh kalangan menengah kebawah, mobil listrik saat ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Mahalnya harga mobil listrik di Indonesia terpengaruh soal biaya produksi, dan harga baterai yang tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Berbeda dengan Indonesia, di China ada salah satu perusahaan baru yang bernama Alvarez Electric Motors Company (AEMC). Perusahaan itu baru saja meluncurkan tiga mobil listriknya dan dijual di Amerika Serikat (AS). Demikian dilansir Autoevolution, Rabu (1/8/2012).

 

Tiga mobil listrik tersebut terdiri dari tiga tipe, yakni mobil listrik kecil dua penumpang yang disebut Eco E, truk pick-up kecil yang disebut EcoTruck dan yang terakhir dengan tipe Van dengan nama EcoVan. Ketiganya memiliki harga yang tergolong murah diantara mobil listrik lainnya.

 

Untuk Eco E dijual mulai USD9.995 atau setara Rp94 jutaan, untuk EcoTruck dijual USD16.995 atau setara Rp160 jutaan dan yang terakhir EcoVan yang dibanderol USD17.995 atau setara Rp169 jutaan.

 

Kendaraan listrik ini dibuat oleh Liuzhou Wuling Special Purpose Vehicle Manufacturing Co. Perusahaan AEMC ini didirikan oleh Lincoln dan pemilik diler Jaguar di California. Perusahaan ini yang mengimport langsung mobil listrik tersebut dari China.

 

Di Indonesia, harga mobil listrik buatan lokal seperti Ahmadi diperkirakan akan berada di atas Rp200 juta dan Dahlan Iskan yang merancang sedan sport listrik di Yogyakarta, harga dipatok minimal Rp1,5 miliar. Meskipun beda segmen, tapi mobil listrik di Indonesia jauh lebih mahal ketimbang mobil listrik yang berada di luar negeri.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini