Share

Goodyear Rancang Ban Pakai Minyak Kedelai

Dewi Ananda, Okezone · Rabu 25 Juli 2012 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 25 52 668316 1OwTCB5k2E.jpg F: ban Goodyear (inautonews)

SAN ANGELO – Siapa sangka ternyata kedelai bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat ban. Temuan ini didapatkan oleh para peneliti dari Pusat Inovasi Goodyear di Amerika Serikat.  

Minyak kedelai bisa memangkas kebutuhan pabrik akan sumber daya minyak untuk memproduksi ban. Selain itu, minyak kedelai ternyata juga bisa menambah daya tahan ban hingga 10 persen.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Inovasi ini dilakukan demi mencari solusi akan kebutuhan elemen pembuatan ban. Karena perusahaan pembuatan ban di dunia membutuhkan sekitar tujuh milyar galon minyak tiap tahunnya.

 

Seperti dilansir Inautonews, Selasa (24/07/12), dalam proses pembuatan ban ini, senyawa karet akan lebih mudah bercampur dengan minyak kedelai. Sehingga proses produksi bisa lebih efisien dan juga mengurangi emisi gas rumah kaca serta konsumsi energi.

 

“Goodyear berkomitmen untuk peduli pada lingkungan dan manusia. Inovasi penggunaan minyak kedelai ini adalah salah satu caranya, ” kata Jean Claude Kihn, Direktur teknis Goodyear.

 

Dengan minyak kedelai, konsumen mendapat keuntungan bannya bisa lebih awet. Sedangkan Goodyear sendiri juga mendapat keuntungan dengan menambah efisiensi dan sumbangan energi.

 

Saat ini, Goodyear telah memproduksi beberapa prototipe ban ramah lingkungan. Rencananya, ban ini akan diuji di Arena Uji Goodyear di San Angelo. Bila lolos tes, masyarakat bisa mendapatkan ban inovatif ini pada awal 2015 nanti.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini