Share

Suzuki Paksa VW Kembalikan Sahamnya

Aditya Maulana, Okezone · Kamis 05 Juli 2012 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 05 52 659310 UcBqIF0C47.jpg F: Suzuki dan VW (autocar)

LONDON – Setelah dikabarkan cerai dengan Volkswage (VW) AG , Suzuki kini kembali memaksa VW untuk mengembalikan 19,9 persen sahamnya yang diakuisisi pada 2009 lalu sebagai dari perjanjian kemitraan.

 

Sebelumya VW membeli saham Suzuki dengan merogoh kocek 1,7 miliar Euro atau setara Rp20 triliun. Namun, Suzuki Motor Corporation telah menggunakan cara arbitrase dan saat ini Suzuki akan membeli kembali saham tersebut dengan harga mata uang yang berlaku saat ini yakni 2 miliar Euro atau setara Rp23,6 triliun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Perjanjian dengan VW sudah berakhir,” kata Yasuhito Haryama Wakil Presiden Suzuki, dalam pertemuan pemegang saham tahunan di Hamamatsu, di Jepang. VW tidak memiliki hubungan lagi dengan kami dan kami memilih jalur arbitrase di Inggris,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, perjanjian kedua produsen mobil ini awalnya untuk mengincar akses ke pasar automotif India dan VW sepakat untuk berbagi teknologi dengan Suzuki. Tapi menurut VW, pabrikan mobil asal Jepang itu telah melanggar ketentuan yang disepakati dalam pasokan mesin diesel.

 

Dilain hal dalam kasus tersebut, VW pun mencoba mengklarifikasinya dengan melontarkan pernyataan bahwa VW sudah memberikan dukungan teknis yang intensif kepada Suzuki dalam hal pengembangan mobil hybrid.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini