Share

Automotif Spanyol Tak Sesukses Tim Sepakbolanya

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 03 Juli 2012 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 03 52 658091 9w2gTQjd9X.jpg F: ilustrasi

MADRID - Kesuksesan tim sepakbola Spanyol dikancah Euro 2012 tidak diikuti sektor industri automotifnya. Penjualan mobil di negeri Matador ini terus merosot seiring dengan krisis keuangan yang melanda negara tersebut.

 

"Penjualan mobil baru di Spanyol merosot ke level terendah pada semester pertama 2012 dalam 19 tahun terakhir," ungkap ANFAC, Gaikindo-nya Spanyol. Demikian seperti dilansir Inautonews, Selasa (3/7/2012).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Menurunnya penjualan telah terjadi sejak 24 bulan lalu di spanyol. Hal itu disebabkan oleh tingkat pengangguran yang tinggi dan kemerosotan ekonomi yang terus berkepanjangan membebani industri automotif negara tersebut.

 

Pada Juni lalu, tercatat penjualan sebanyak 73.258 unit. Angka tersebut merosot sebesar 12,1 persen dibanding tahun lalu. ANFAC melaporkan sejak Januari hingga Juni lalu telah terjadi transaksi sebanyak 406.070 unit atau turun 8.2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

 

Berdasarkan hasil tersebut, industri automotif Spanyol diprediksi sulit untuk menyentuh angka 750 ribu sampai akhir tahun ini. Jika menengok lima tahun kebelakang, penjualan mobil negera ini mencapai lebih dari 1.6 juta unit.

 

Produsen dengan penjualan tertinggi di Spanyol dipegang oleh Volkswagen disusul Seat dan Citroen diposisi kedua dan ketiga. Pabrikan VW sukses dengan Megane, sementara Seat dan Citroe lewat Ibiza dan C4.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini