Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bus Listrik LIPI Diproduksi Massal, Harganya Rp1,4 M

Pebrianto Eko Wicaksono , Jurnalis-Selasa, 26 Juni 2012 |16:19 WIB
F: Bus Listrik LIPI (Ahmad Luthfi/Okezone)
F: Bus Listrik LIPI (Ahmad Luthfi/Okezone)
A
A
A
JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) yang berkolaborasi bersama dengan Badan Penelitian dan Pengkajian Teknik (BPPT), menciptakan bus dan mobil listrik.

Kepala Bidang Peralatan dan Transportasi LIPI Abdul Avid menyebutkan, meski masih dalam tahap prototipe tetapi kendaraan tersebut sudah siap diproduksi secara massal. Avid juga yakin kendaraan ini akan bisa kompetitif dengan produsen mapan dalam beberapa waktu ke depan.
 
"Ini tinggal satu tahap masuk prototipe industri, kalau secara sistem tidak ada bedanya dengan yang kita konversi karena itu sudah dua tahun kita uji dan tidak ada masalah. Tapi kami yakin bila diproduksi secara massal dengan acuan yang sama untuk kendaraan konvensional, misal jumlah dan kapasitas produksi 10 ribu, kami yakin kendaraan ini bisa kompetitif," katanya ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6/2012).
 
Avid mengungkapkan, bahwa di luar negeri, harga kendaraan bus listrik ini bila dijual mencapai angka Rp 1,4 miliar. Namun, belum diketahui berapa harga yang akan ditawarkan bila bus listrik LIPI ini dijual.
 
"Kendaraan ini tinggal memasuki satu tahap akhir untuk diproduksi secara massal. Saya yakin, bus listrik ini juga akan mampu bersaing dengan kendaraan konvensional atau yang masih menggunakan BBM,” lanjut Avid.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement