Share

Adu Ketampanan Avanza, Xenia, Ertiga & Evalia (II)

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 19 Juni 2012 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 19 52 649932 WQtoCUPXIq.jpg F: ist

JAKARTA - Segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air kian banyak pemainnya. All-New Toyota Avanza, All-New Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia. Kehadiran dua nama terakhir untuk menggempur segmen yang selama ini dikuasai Avanza-Xenia.

Toyota All-New Avanza dan All-New Daihatsu Xenia hadir dengan tampilan baru pada November 2011. Ubahan paling nyata pada eksterior saudara kembar ini terlihat pada lampu depan dan belakang dengan model yang melancip. Selain itu ubahan juga terjadi pada bumper dan lekukan pada dinding pintu bagasi.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Toyota menyodorkan Avanza Veloz sebagai varian tertinggi, sementara Daihatsu memperkenalkan Xenia Attivo. Yang membedakan antara Veloz maupun Attivo dengan model lainnya terlihat pada body kit dan velg.

 

Pada April 2012, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggebrak segmen ini dengan meluncurkan Suzuki Ertiga. MPV anyar ini pun langsung mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Suzuki Ertiga memiliki kemiripan dengan Suzuki Swift. Hal itu dapat dilihat pada fascia depan seperti lampu dan bumper. Sementara buritannya lebih condong ke Suzuki SX-4 crossover.

 

Awal Juni 2012 ini giliran PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang meramaikan segmen paling subur tersebut dengan menghadirkan Nissan Evalia. Mobil dengan sebutan "Baby Serena" ini langsung membidik keluarga muda sebagai target pasarnya.

 

Desain eksterior Evalia pun cukup unik. Evalia tampak anggun dengan grill mungil dan lampu depan yang agak sipit. Kelebihan pada mobil ini terletak pada kaca pada pilar A. Visibilitas pengemudi nyaman karena desainnya yang cukup lebar. Dengan begitu pandangan depan maupun samping dapat terlihat dengan jelas.

 

Sama-sama mampu menampung tujuh penumpang, dibanding kompetitornya Nissan Evalia lebih unggul. Hal itu dibuktikan lewat ruang kabin yang lapang. Jarak antara kepala dengan plafon cukup tinggi sehingga posisi kepala lebih leluasa.

 

All-New Toyota Avanza dan All-New Daihatsu Xenia memiliki dimensi yang sama persis yakni panjang 4140 mm, lebar 1660 mm, dan tinggi 1695 mm. Suzuki Ertiga hadir dengan dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Sementara Evalia memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding kompetitornya yakni dengan panjang 4400 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1850 mm.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini