Share

Pertarungan Low MPV, Avanza, Xenia, Ertiga & Evalia (I)

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 19 Juni 2012 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 19 52 649931 dN4OsjbWKM.jpg F: All New Avanza (Azwar F/Okezone)

INDONESIA adalah pasar yang besar buat pertarungan para produsen automotif dunia. Namun, persaingan ini semakin sengit di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Awalnya, segmen ini dipegang oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sekarang si kembar tidak tenang bermain sendirian, setelah kehadiran Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejak pertama diluncurkan pada 2004 lalu, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia berhasil menjadi mobil fenomenal di Indonesia dengan angka penjualan yang fantastis. Dengan angka penjualan yang terus melambung, banyak pabrikan mobil lain ikut bermain di kelas low MPV, seperti Suzuki dan Nissan.

 

Pengamat automotif, Jhoni Pramono mengatakan, persaingan low MPV di Tanah Air memang semakin ketat. Tapi Avanza dan Xenia tetap menjadi penguasa pasar di kelas low MPV.

 

“Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tetap berada di atas. Ertiga dan Evalia atau mobil low MPV dari pabrikan lain, belum mampu merebut pangsa pasar si kembar,” beber Jhoni saat dihubungi Okezone.

 

Lalu bagaimana plus minus Avanza Veloz, Xenia Attivo, Ertiga GX dan Evalia XV. Ke empat mobil ini adalah model tertinggi yang ditawarkan Toyota, Daihatsu, Suzuki dan Nissan untuk bersaing di kelas low MPV.

 

Okezone coba membahas kelebihan empat mobil tersebut dengan mengulas bagian eksterior, interior. Lalu juga kapasitas mesin dan efisiensi bahan bakar. Juga membahas soal harga jual dan simulasi kreditnya. Simak laporan berikutnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini