Share

Apapun Hasil Uji Emisi, Pabrik Esemka Tetap Dibangun

Aditya Maulana, Okezone · Senin 11 Juni 2012 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 52 644877 gQtD9wndbq.jpg F: Jokowi dengan Esemka Rajawali (Azwar F/Okezone)

JAKARTA - Mobil Esemka sudah datang kembali ke Balai Termodinamika Motor dan Propulsi Serpong (Puspitek), Serpong, Tangerang Selatan, guna melakukan uji emisi untuk kedua kalinya.

 

Namun, karena banyaknya mobil baru yang sedang melakukan uji emisi, Esemka terpaksa harus antre diurutan 47 dan diperkirakan 15 atau 16 Juni mendatang, Esemka mulai melakukan pengujian emisi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

“Saat ini masih nunggu jadwal, loading sedang tinggi banyak kendaraan yang mau uji emisi, tapi diperkirakan 15 atau 16 Juni ini mulai dilakukan pengujian,” tutur Sulistyo Rabono Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, saat dihubungi Okezone, Senin (11/6/2012).

 

Namun, Sulistyo mengatakan, jika nanti Esemka lulus atau tidak lulus uji emisi, PT Solo Manucaftur Kreasi akan tetap membangun pabrik perakitan mobil Esemka yang rencananya akan dirakit massal di Solo, Jawa Tengah.

 

“Pabrik produksi Esemka sedang kami siapkan, tepatnya di daerah Kentingan, Surakarta. Kami akan menyiapkan lima factory building untuk perakitan Esemka,” tambah Sulistyo.

 

Menurut Sulistyo, pihaknya akan tetap membangun lima factory tersebut walaupun hasil uji emisi Esemka belum diketahui. Tapi, pihaknya optimis untuk kali ini Esemka lulus uji emisi, sebab, sebelumnya sudah melakukan pengujian internal di Solo dengan peralatan yang hampir sama dengan BPPT.

 

“Lulus tidak lulusnya Esemka, kami tetap membangun fasilitas pabriknya. Jika nanti lulus kan akan jauh lebih baik dan siap untuk diproduksi. Kami memperkirakan akhir tahun ini Esemka sudah bisa diproduksi massal,” tandasnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini