Share

Sistem Injeksi YMJET-FI Hanya untuk Matik

Aditya Maulana, Okezone · Rabu 30 Mei 2012 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 30 53 638255 NCPLLHTmj4.jpg F: Yamaha Mio J (Aditya M/Okezone)

JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkaya varian injeksi di 2012. Usai sukses dengan Vi-xion, Yamaha merambah ke segmen matik, seperti Yamaha Mio J dan Soul GT. Kedua motor ini telah menggunakan sistem injeksi Yamaha yang dikenal dengan nama YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Full Injection).

Namun, ternyata ada perbedaan sistem injeksi antara motor sport, matik ataupun jenis bebek. Yamaha Indonesia menegaskan, teknologi YMJET-FI ini khusus motor matik dan berbeda dengan yang digunakan pada varian sport dan bebek.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"YMJET-FI ini hanya untuk motor matik saja. Teknologi ini betujuan membuat irit konsumsi bahan bakar pada motor matik. Selama ini, jenis Mio dianggap memiliki konsumsiu bahan bakar yang boros, tapi dengan teknologi ini bisa lebih irit," beber Muhammad Abidin, di acara Workshop YMJET-FI di Jakarta, Rabu (30/5/2012).

 

Menurut Abidin, sebenarnya tidak menutup kemungkinan jika teknologi YMJET-FI ini digunakan pada motor sport dan bebek. Tapi harganya akan jauh lebih mahal dan kedua motor itu sudah dikenal irit karena bisa diatur buka tutup gas oleh perpindahan gigi.

 

"Motor sport, bebek itu beda sama matik. Kalau matik buka tutup gasnya tergantung pedal gas yang kita mainkan. Jika terus digeber maka bahan bakarnya juga akan boros. Beda dengan motor sport dan bebek, bisa diakalin dari perpindahan gigi untuk mengirit bahan bakar," sambung Abidin.

 

Lebih lanjut, Teknologi Full Injection yang dimiliki Yamaha ini memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin yang sangat baik, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

 

“Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat diatas 30 persen, serta emisi dan polusi akan jauh lebih rendah. Dengan sistem injeksi ini, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga dapat menghemat bahan bakar,” tutup Abidin.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini