Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kenaikan DP Tidak Pengaruhi Investasi Automotif

Sandra Karina , Jurnalis-Senin, 23 April 2012 |17:23 WIB
F : Suzuki Ertiga (Aditya.M/Okezone)
F : Suzuki Ertiga (Aditya.M/Okezone)
A
A
A
JAKARTA - Rencana kenaikan uang muka (down payment/DP) kendaraan diharapkan tidak akan memengaruhi rencana investasi di sektor automotif di Indonesia, baik yang baru maupun eksisting.
 
“DP terkait ekspansi kredit yang relatif agresif. Ada pola pikir kenaikan kredit 20-25 persen agak agresif. Ini dimonitor trus dan dilakukan pengetatan melalui jumlah DP untuk konsumsi. Itu wajar dan semestinya tidak pengaruhi thesis investasi yang sudah dan baru. Investasi semangatnya menopang perekonomian kita menjadi sehat,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (23/4/2012).
 
Menurutnya, melalui kebijakan tersebut, Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk menyehatkan perekonomian Indonesia agar lebih sehat di masa mendatang.
 
“Tidak perlu bertabrakan dengan konsumsi yang sustainable dan investasi,” ucapnya.
 
Gita menjelaskan, investasi di sektor automotif terus mengalami peningkatan dalam waktu beberapa tahun terakhir.
 
“Investasi automotif 1-2 tahun ini sudah menyampaikan investasinya. Investasi di sektor automotif bukan hanya pembangnan pabrik tapi perangkat sekitarnya seperti sparepart dan ban. Ban kita antisipasi supaya menopang penjualan automotif yang bakal melebihi angka 1,3 juta unit. Apalagi kalau ada infrastrukturnya, bisa lebih,” paparnya.
 
Sementara, Menteri Perindustrian MS Hidayat menambahkan, sektor-sektor tertentu seperti automotif, makanan dan minuman, serta baja masih mendominasi investasi di Indonesia.
 
“Sebagian besar berasal dari realisasi investasi manufaktur. Memang masih didominasi oleh industri baja, makanan dan minuman, serta automotif. Sektor-sektor ini juga masih jadi penggerak pertumbuhan industri,” ucapnya.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement