Share

Tips Yoga untuk Menghilangkan Stress Saat Mengemudi

Aditya Maulana, Okezone · Minggu 22 April 2012 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 22 87 616101 mmGjuq7Lic.jpg F : Ford Driving Skills for Life (Aditya.M/Okezone)

JAKARTA - Terlalu lama mengemudi dapat menyebabkan stress. Stress itu timbul bukan hanya saat ada mobil lain yang menyelak anda, melainkan dapat terjadi akibat rasa takut ketika anda tersesatm pindah jalur atau lelah di jalan.

 

Berdasarkan sebuah studi di Queensland Universuty of Technology (QUT), menyetir ketika stress sama membahayakannya dengan mengemudi sambil menggunakan ponsel. Walau begitu, tahukan anda ada beberapa teknis dasar Yoga yang dapat membantu anda untuk menmghilangkan stress dan membuat kita tetap terjaga dan segar ketika menyetir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Berikut ada pelajaran penting yang diberikan oleh Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), pada event Ford Driving Skills for Life, mengenai tips Yoga untuk menghilangkan stress saat menyetir.

 

- Pernapasan : Bernapas dengan benar merupakan kunci untuk melawan stress, jadi mulailah degan bernafas secara perlahan untuk membantu menenangkan anda, Setelah itu, ambilah nafas panjang secara perlahan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.

 

- Leher : Setelah seharian penuh duduk di kantor, leher anda akan rentan untuk menjadi tegang. Dengan kedua tangan distir, perlahan gerakanlah kepala anda berputar membentuk seperti lingkaran dan lakukan lebih lama pada bagian tubuh anda dengan membutuhkan lebih banyak regangan.

 

- Punggung : Bila mobil anda dalam keadaan berhenti secara total, angkat kedua tangan anda keatas dan tarik nafas dalam-dalam. Disaat yang sama, tariik badabn anda ke depan hingga menyentuh setir, ambil nafas panjang untuk melegakan otot anda. Kemudian letakan tangan kanan anda mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri anda untuk menarik siku kea rah tubuh dan sebaliknya.

 

- Tangan dan Kaki : Ketika mengemudi, anda menggunbakan kedua tangan dan kaki. Jaid sangatlah penting untuk menjaga keduannya adar tidak kaku dan tegang. Dalam keadaan berhenti genggamlah kedua tangan anda dan buatlah gerakan melingkar, gerakan tersebut dapat membantu anda untuk meredakan ketegangan dan mengedarkan aliran darah.

 

Lebih lanjut, jika anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, tidak berarti anda harus stress. Anda dapat mencoba tips tersebut untuk melepaskan stress dan ketegangan. Anda akan merasa jauh lebih baik ketika anda mencapai tujuan yang anda tuju.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini