Share

Masyarakat Harus Tahu Kegunaan Teknologi Injeksi

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 17 April 2012 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 17 53 613376 rqFu8gb0x9.jpg F: Honda New Vario Techno 125 PGM-FI (Aditya M/Okezone)

JAKARTA - Teknologi injeksi pada sepeda motor kini mulai digalakkan para produsen di Tanah Air. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya model sepeda motor yang mengusung teknologi injeksi dilempar ke pasar nasional.

Salah satu pabrikan yang gencar merilis motor injeksi adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Pabrikan berlambang sayap tunggal ini pertama kali memperkenalkan motor injeksi lewat Supra X 125 PGM-FI pada 2005 silam.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seiring berjalannya waktu, AHM mulai mengasup teknologi PGM-FI pada beberapa model terbarunya seperti skutik Spacy Helm-In, Vario Techno 125 dan PCX 125. Sementara pada model bebek terdapat Supra X 125 Helm-In dan Revo AT.

 

Meski demikian masyarakat masih menganggap teknologi injeksi ini sebagai "barang" baru dan akan sulit dalam perawatannya.

 

"Persepsi yang beredar di masyarakat itu bahwa motor injeksi itu sulit perawatannya, tapi nyatanya tidak. Ini yang harus diketahui masyarakat. Injeksi akan menjadi salah satu teknologi yang kompleks yang mudah dan tidak sulit perawatannya," Technical Service Division Head AHM, Wedijanto Widarso saat acara Workshop Teknologi Sepeda Motor Honda, Selasa (17/4/2012) di Sunter, Jakarta Utara.

 

"Dengan menggunakan teknologi injeksi, bahan bakar akan lebih irit dan lingkungan menjadi lebih hijau," tambahnya.

 

Lebih lanjut, teknologi injeksi yang selama ini diadopsi Honda masih aman jika menggunakan BBM jenis Premium. Meski begitu, dianjurkan untuk menggunakan Pertamax agar pembakaran lebih sempurna agar ruang bakar lebih bersih.

 

Wedijanto menegaskan jaringan pelayanan Honda di seluruh nusantara sudah siap. Bahkan pihaknya sudah mendistribusikan alat-alatnya. "Jadi semua sudah siap, terlebih lagi 2013 mendatang Honda sudah mencanangkan semua model menggunakan sistem injeksi." tandasnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini