Share

Merawat Kaca Film Tidaklah Sulit

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 05 April 2012 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 05 87 606533 0JTmPuwfUP.jpg F: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Kaca film kini menjadi salah satu piranti yang hampir diadopsi semua kendaraan roda empat. Fungsi kaca film ini juga bisa dibilang penting yaitu berfungsi untuk menahan panas dan menghalau pandangan secara jelas dari luar.

Nah, lalu bagaimana cara merawat kaca film agar tetap bening dan tahan lama?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kaca film pada dasarnya tidak membutuhkan perawatan khusus," jelas Andre Susanto, Sales Manager PT Terang Sejati Indonesia sebagai distributor resmi kaca film merek Llumar di Indonesia saat dijumpai di Jakarta, Kamis (5/4/2012).

"Jangan menggunakan kanebo atau kain untuk bodi pada kaca film, karena sisa kotoran pada kanebo tersebut dapat membuat baret (goresan) pada kaca film. Jadi bedakan kain untuk bodi dan kaca," ungkapnya.

Andre menyarankan untuk menggunakan kain lap Mikrofiber. Sebab bahan pada lap mikrofiber tidak bikin baret dan membuat semua kotoran terangkat. "Sudah banyak yang jual, harganya tidak sampai Rp50 ribu kok," imbuhnya.

Membersihkan kaca film dengan menggunakan tisu juga tidak disarankan. "Memang kalau dipegang halus tapi kalau dipakai buat membersihkan kaca film bisa menimbulkan baret. Coba saja lap kaca mata plastik pakai tisu, pasti akan kelihatan baretnya," ujarnya.

Selain itu, pria berkaca mata ini menyarankan untuk tidak membersihkan kaca film dengan menggunakan sabun atau deterjen karena ditakutkan bahan kimia yang terkandung dapat merusak dan menurunkan kualitas kaca film. Jika ingin menggunakan sabun maka gunakanlah shampo bayi.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini