Share

Ford Rancang Kendaraan Tempur Tentara Amerika

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 28 Maret 2012 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 28 52 601090 wQYDYXOT0E.jpg F: Ford Valanx (inautonews)

DETROIT – Tentara Amerika Serikat dikenal mengandalkan High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau dikenal dengan Humvee sebagai kendaraan tempur dan operasional di medan perang. Kini Ford coba membuat saingan Humvee.

Adalah Ford V8 atau disebut Valanx yang diusulkan BAE Systems, Northrup Grumman and Meritor Defenses untuk menjadi kendaraan tempur pasukan Amerika Serikat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Proposal pengajuan ini diberikan kepada Engineering and Manufacturing Development (EMD) sebagai bagian dari program, Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) atau kendaraan pendukung tempur.

“Kami akan mempertahankan pengembangan teknologi yang terbaik untuk kendaraan EMD kami. Kendaraan ini akan menambah performa di medan perang,” jelas Glenn Lamartin, BAE Systems JLTV Capture Lead.

“Semua kendaraan JLTV digunakan untuk melindungi dan sebagai pertahanan pasukan. Juga bisa menjadi kendaraan pendukung pertempuran di udara dan laut, atau juga melibas medan berat. Yang paling penting, adalah harga yang dan benar-benar kendaraan yang bisa memenuhi kebutuhan pasukan kami baik wanita ataupun pria,” lanjut Glenn.

V8 Valanx akan disematkan mesin diesel Ford Power Stroke 6.7-liter plus turbocharged. Dengan efisiensi bahan bakar dan tenaga serta torsi mesin terbaik di kelasnya, mesin yang sama dirancang untuk truk Ford F-Series Super Duty.

Nantinya, tiga kendaraan akan dipilih oleh pemerintah AS atau Engineering and Manufacturing Development (EMD). Pemenang tender akan diumumkan Juni mendatang.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini