Mobil Listrik

Generasi Terbaru Kalabia Evo-2, Lebih Sempurna

Senin, 26 Maret 2012 18:55 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

F: Kalabia Evo-2 (Margaret Puspitarini/Okezone) F: Kalabia Evo-2 (Margaret Puspitarini/Okezone)

JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fitra Didik Nugroho ambil bagian untuk mengikuti kompetisi Shell Eco-Marathon (SEM) 2012. Tahun ini, Fitra didapuk sebagai ketua tim Arjuna dari UI.

"Saya penasaran melihat tim tahun lalu yang mampu menciptakan berbagai mobil untuk berkompetisi di SEM. Saya pun merasa tertantang. Kalau mereka saja bisa, kenapa saya tidak?" Kata Fitra selepas uji coba mobil Kalabia Evo-2 di halaman Perpustakaan UI, Depok, Senin (26/3/2012).
Fitra mengungkapkan, Kalabia Evo-2 merupakan inovasi dari mobil tahun sebelumnya. Inovasi tidak hanya dari bentuk, tapi juga mesin mobil. Sementara perubahan lainnya, terkait desain mobil. Mahasiswa jurusan Teknik Mesin ini mengaku, desain mobil tahun lalu lebih futuristik dibandingkan Kalabia Eco-2.

"Pertama, soal bobot mobil. Tahun lalu bobot mobil 150 kilogram (kg), sekarang hanya 90 kg. Dari segi desain saya akui tahun lalu lebih futuristik. Namun, untuk mesin, mobil tahun lalu sangat berantakan," tutur Fitra.

Demi mendapatkan hasil maksimal, Fitra dan kawan-kawan menggabungkan beberapa komponen mesin yang berbeda. Namun, hal ini justru menyulitkan mereka dalam mencari spare part. Komponen mesin dari berbagai merk karena tiap merk memiliki keunggulan masing-masing.
(zwr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »