Share

Generasi Terbaru Kalabia Evo-2, Lebih Sempurna

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 26 Maret 2012 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 26 52 600025 iLrX92zGD2.jpg F: Kalabia Evo-2 (Margaret Puspitarini/Okezone)

JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fitra Didik Nugroho ambil bagian untuk mengikuti kompetisi Shell Eco-Marathon (SEM) 2012. Tahun ini, Fitra didapuk sebagai ketua tim Arjuna dari UI.

"Saya penasaran melihat tim tahun lalu yang mampu menciptakan berbagai mobil untuk berkompetisi di SEM. Saya pun merasa tertantang. Kalau mereka saja bisa, kenapa saya tidak?" Kata Fitra selepas uji coba mobil Kalabia Evo-2 di halaman Perpustakaan UI, Depok, Senin (26/3/2012).

Fitra mengungkapkan, Kalabia Evo-2 merupakan inovasi dari mobil tahun sebelumnya. Inovasi tidak hanya dari bentuk, tapi juga mesin mobil. Sementara perubahan lainnya, terkait desain mobil. Mahasiswa jurusan Teknik Mesin ini mengaku, desain mobil tahun lalu lebih futuristik dibandingkan Kalabia Eco-2.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pertama, soal bobot mobil. Tahun lalu bobot mobil 150 kilogram (kg), sekarang hanya 90 kg. Dari segi desain saya akui tahun lalu lebih futuristik. Namun, untuk mesin, mobil tahun lalu sangat berantakan," tutur Fitra.

Demi mendapatkan hasil maksimal, Fitra dan kawan-kawan menggabungkan beberapa komponen mesin yang berbeda. Namun, hal ini justru menyulitkan mereka dalam mencari spare part. Komponen mesin dari berbagai merk karena tiap merk memiliki keunggulan masing-masing.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini