Share

First Ride Motor Trail Viar VXII

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 26 Maret 2012 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 26 423 599727 QWtvFOCPNk.jpg F: Viar VXII (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Viar motor Indonesia selama ini dikenal lewat kendaraan niaga roda tiganya yang disebut Viar Karya. Namun siapa sangka jika produsen motor yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki varian motor trail selain model skutik dan bebek.

 

Salah satu motor anyar dari model trail adalah Viar VXII. Motor trail dengan harga terjangkau ini memiliki performa yang tidak terlalu mengecewakan. Hal tersebut dirasakan saat Okezone menjajal motor trail lokal ini di pelataran Hotel Sultan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Saat pertama kali ditunggangi, motor dengan dimensi panjang 1850 mm, lebar 830 mm dan tinggi 1100 mm ini cukup nyaman untuk saya yang memiliki tinggi badan 175cm. Kaki mampu menjejakan ke tanah tanpa harus menjinjit. Saat menggengam handle bar lebar khas motocross, posisi badan pun cukup nyaman dalam artian tidak terlalu tegak dan tidak merunduk.

 

Tanpa banyak basa-basi motor penakluk medan berat ini pun dijalankan. Tarikan awal VXII cukup agresif, meski tidak memiliki napas panjang. Mengusung mesin 4-Tak SOHC berkapasitas 150cc, motor ini cukup bertenaga ketika memasuki putaran tengah.

 

Sayang pengujian kali ini tidak dilakukan di lintasan semestinya sehingga motor ini terasa sedikit geol saat menikung di trek aspal. Hal ini bisa saja disebabkan oleh ban pacul yang diadopsi.

 

Melihat ada jalan sedikit bergelombang, langsung saja digeber melintasi jalan tersebut untuk merasakan suspensinya. Meski tidak melakukan pengujian secara maksimal, suspensi cukup memberikan redaman yang baik.

 

Sistem pengereman motor ini pun cukup baik. Saat melaju cukup cepat dan melakukan rem mendadak, roda langsung terkunci rapat hingga motor benar-benar berhenti. Viar VXII ditawarkan dalam tiga pilihan warna diantaranya merah, oranye dan hijau dan dibanderol Rp13,4 juta.

 

Spesifikasi

Tipe mesin: 4-tak SOHC

Kapasitas: 150cc

Transmisi: 5-Speed

Jarak sumbu roda: 1240 mm

Jarak terendah ke tanah: 290 mm

Tinggi tempat duduk: 840mm

Berat kosong: 104 kg

Suspensi depan: Upside down

Suspensi belakang: Monoshock Unitrack system

Ukuran ban depan: 70/100-19

Ukuran ban belakang: 90/100-16

Rem depan: Disc brake

Rem belakang: Disc Brake

Kapasitas tangki: 5,5 liter

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini