Share

Bunga Spesial untuk si Dia dari Pasar Rawa Belong

Pasha Ernowo, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2012 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 21 408 597311 zLciLXQNfm.jpg Pasar Rawa Belong (Foto: Pasha/okezone)

INGIN memberikan sebuah hadiah untuk orang yang istimewa di hati Anda? Pilihan Anda bisa jatuh pada bunga, apalagi bila mencarinya di Pasar Rawa Belong di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang menyediakan beragam jenis bunga dengan kualitas prima.

Menurut Staff Pelaksana dan Koordinator Lapangan Pasar Rawa Belong, Soemadi Saleh, keberadaan pasar ini sering dikaitkan dengan keberadaan Si Pitung yaitu pahlawan Betawi yang menjadi legenda karena melawan penguasa Hindia Belanda dan membela rakyat kecil dari tuan tanah yang menindas rakyat kecil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pasar ini terletak di Jalan Sulaiman No. 50, Rawa Belong, terdiri dari dua bangunan yang saling berhadapan. Masing-masing bangunan punya dua lantai, setiap bangunannya terlihat sangat bersih dan apik. Pasar Bunga Rawabelong kini terus dikembangkan menjadi sentra penjualan bunga potong dan tanaman hias.

“Awalnya, pasar ini hanya ditempati 75 pedagang, kini sudah ada sekira 125 pedagang tetap dan 175 pedagang musiman. Hari sibuk pasar, adalah Kamis, Jumat, dan Sabtu,” ,” katanya ketika ditemui okezone di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat, Rabu (21/3/2012).

Di Pasar Rawa Belong, Anda dapat menemukan bermacam jenis bunga dan tanaman lokal dari dalam maupun luar negeri. Temukan di sini tanaman melati, mawar, anggrek, tulip, lily, aglonema, dan sebagainya. Tentunya, tempat ini juga menyuguhkan suasana segar dan rimbun, selain keindahan warna-warni bunga dan tanaman.

Soemadi menjelaskan, apabila ingin berbelanja bunga, Anda bisa mendatangi bangunan di sebelah kanan. Di kedua lantainya, berjejer pedagang yang menjual aneka jenis bunga. Tak hanya di dalam ruangan, area luarnya juga dipenuhi bunga warna-warni.

Dia menyatakan, anggrek, mawar, aster, anterium, matahari, hingga lily tersedia dalam beragam ukuran dan warna. Masing-masing sudah diikat menggunakan kertas koran. Ada yang berjumlah 5, 10, 25, 50, hingga 70 dan 100 batang bunga. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp7.000 per ikat hingga Rp4.000 per kuncup, tinggal pilih sesuka hati.

Selain itu, ketika memasuki pasar, Anda akan mendapati beberapa pedagang bunga anggrek. Ada anggrek dendrobium yang berwarna putih bersih hingga anggrek James Story yang berwarna merah tua. Anggrek yang disebut terakhir rupanya dihargai paling mahal, yaitu Rp200 ribu per ikatnya.

“Anggrek-anggrek ini diambil dari sekitar Jakarta, seperti kawasan Pamulang dan Serpong, berbeda dengan bunga-bunga lain yang diambil dari Cipanas, Sukabumi, Bandung, dan Malang,” ujar Soemadi.

Setelah anggrek, mata Anda akan disuguhi warna-warni bunga mawar. Ada mawar merah, putih, pink, kuning, oranye, hingga warna campuran seperti hijau kemerahan.

“Mawar dengan warna campuran biasanya diambil dari Malang, Jawa Timur, beda dengan mawar dari Kota Bandung yang terkenal lebih wangi," tutur Lungki, pemilik toko khusus mawar yang berdagang di Pasar Rawa Belong sejak 2007.

Ananda Saputra (24) pemilik toko Ananda Florist, menerangkan, aster dan mawar adalah dua jenis bunga yang mendominasi pasar Rawa Belong dan bunga shamrock adalah salah satu jenis yang paling digemari karena bentuknya yang unik, dengan hijau sebagai warna keseluruhan. Harganya pun cukup mahal, sekira Rp50.000 per ikat.

Ananda menambahkan, ada pula bunga dengan bentuk unik lain, yaitu solisia atau lebih dikenal dengan jengger ayam. Bunga berwarna merah, oranye, krem, dan hijau ini dijual seharga Rp10.000 per ikatnya.

Selain dijual per ikat, bunga juga dijual dalam bentuk bunga tabur. Ada kenanga, mawar, dan melati yang dijual dengan harga cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.000 per bungkus. Selain itu, ada pula bunga papan untuk ucapan, dengan harga mulai dari Rp350 ribu-Rp700 ribu.

Di pasar ini, Anda juga bisa menemukan bunga lily yang sangat cantik. Bunga berwarna putih ini bisa dibeli seharga Rp4.000 per kuncup, satu batang sekira 2-3 kuncup. Selain itu, ada pula jenis kala lily. Dengan harga yang sama, Anda bisa membeli satu batang kala lily dengan satu bunga yang mekar di ujungnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini