Share

AHM Bangun Pabrik Skutik Kapasitas 1,1 juta Unit

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 13 Maret 2012 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 13 53 592005 KkC5ezRpCe.jpg F: Pabrik Astra Honda Motor (dok AHM)

JAKARTA – Demi mengejar kapasitas produksi yang terus meningkat, PT Astra Honda Motor (AHM) membangun pabrik baru. Pabrik keempat AHM ini punya kapasitas produksi 1,1 juta unit pertahun, untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik.
 

AHM sebagai perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50 persen:50 persen, akan menanamkan modal sebesar Rp3,128 triliun.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pabrik baru AHM ini akan dibangun di Kawasan Industri Bukit Indah, berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas perakitan sepeda motor ini diharapkan beroperasi pada akhir semester kedua 2013.

 

Pabrik keempat AHM ini melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta per tahun.

 

Pabrik baru AHM ini dirancang dengan konsep yang mampu mengurangi jumlah emisi CO2. Serta memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya, dan lainnya.

 

"Kami berkomitmen 100 persen menyuplai produk berkualitas terbaik dengan teknologi canggih. Ini demi kesenangan berkendara dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan konsumen,” kata President Director AHM Yusuke Hori dalam siaran persnya.

 

Pabrik baru AHM ini juga akan menyerap tenaga kerja 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda, termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini akan menjadi sekitar 21.000 tenaga kerja.

 

"Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air sekaligus menciptakan lapangan kerja baru selain juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

 

Pasar sepeda motor Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir ini.

 

Pada 2011 tercatat angka tertinggi sepanjang sejarah penjualan sepeda motor mencapai 8,01 juta unit. Ini tumbuh 8,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penjualan AHM pada tahun 2011 tercatat 4,27 juta unit, tumbuh 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6-4,8 juta unit sepeda motor dengan prediksi bahwa total pasar akan meningkat menjadi sekitar 8,4-8,7 juta unit.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini