Share

Esemka Gunakan Alat Penghemat BBM & Penurun Emisi

Septyantoro Aji Nugroho, Sindo TV · Rabu 07 Maret 2012 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 07 52 588515 WV4sPhtwVR.jpg F: Mesin Esemka (Azwar F/Okezone)

SOLO – Esemka Rajawali masih dalam tahap penyempurnaan untuk menurunkan kadar emisi. Esemka akan dipasang alat penghemat bahan bakar Femax dan menyempurnakan pembakaran.

Dengan menggunakan Femax ini, diharapkan pembakaran bisa lebih baik dan gas buang CO2 bisa lebih rendah. Tim teknisi Esemka ini mengklaim emisi bisa ditekan dan turun hingga 60 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sudah sejak awal pekan ini, Esemka Rajawali mulai dibongkar di Solo Techno Park (STP), Jebres, Solo. Pembongkaran dilakukan secara bertahap dengan memperbaiki setiap komponen mesin. Tim teknisi yang bekerja didatangkan dari PT Tosuro Teknologi Indonesia, sebuah perusahaan asal Cikarang, Jawa Barat, yang menjadi mitra PT SMK, Solo.

Dari proses perbaikan yang dilakukan, untuk sementara diketahui bahwa empat busi yang dipakai ternyata basah. Kondisi busi yang tidak kering ini yang diyakini membuat pembakaran pada mesin tidak maksimal, dan membuat emisi gas buang bertambah.

Dosen Politeknik Manufaktur Ceper, Klaten, yang juga menjadi tim penyempurna Esemka, Joko Istianto mengatakan, alat untuk menghemat BBM sekaligus penyempurna pembakaran adalah Femax Combo.

“Diharapkan dengan adanya alat tambahan ini, dapat meningkatkan akselerasi sampai 15 persen, serta mengurangi emisi gas buang sampai 70 persen. Alat ini dipasangkan pada posisi filter bensin sebelum ke injeksi atau karburator,” jelas Joko Istiyanto.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini