Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mio J Mumpuni Buat Jarak Jauh

Septian Pamungkas , Jurnalis-Sabtu, 25 Februari 2012 |12:02 WIB
F: Touring Yamaha Mio J (Septian P/Okezone)
F: Touring Yamaha Mio J (Septian P/Okezone)
A
A
A
PURWOKERTO - Dalam acara touring Yamaha Mio Yogyakarta-Bandung, Okezone mendapat kesempatan menjajal kemampuan skutik anyar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk etape pertama dengan tujuan Yogyakarta-Purwokerto. Motor yang digunakan berwarna merah dengan striping yang stylish.

Perlengkapan berkendara seperti jaket, sarung tangan, pelindung lengan dan lutut serta helm pun segera dikenakan guna menunjang keamanan berkendara.

Tidak lupa, sebelum melakukan perjalanan peserta touring melakukan pemanasan lebih dulu untuk melemaskan otot. Mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh, pemanasan seperti ini sangat penting untuk menghindari tegang otot ketika sedang berkendara.

Setelah persiapan dirasa sudah mantap, kunci kontak pun diputar kearah On. Suara putaran mesin pun terdengar halus dan putaran gas terasa enteng. Lampu depan pun langsung menyala karena telah mengadopsi Automatic Headlight On (AHO).

Melintasi daerah persawahan di kawasan Wates, trek lurus menjadi santapan empuk untuk menguji kecepatan maksimum Mio J. Berbekal mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc dengan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm, Mio J cukup agresif Di suatu kesempatan, Okezone mencoba untuk gas poll, hasilnya angka 100 kpj berhasil dicapai.

Kemampuan manuver Mio J mulai diuji saat memasuki kawasan perbukitan Kebumen. Kondisi jalan yang naik-turun serta kontur jalan yang berlubang dan bergelombang memaksa Mio J bekerja lebih keras. Suspensi Mio J mampu bekerja maksimal dalam meredam setiap getaran akibat jalanan keriting.

Banyak jalan yang bergelombang dan berlubang tidak membuat Okezone khawatir, sebab selain memiliki handling yahud Mio J dilengkapi sistem pengereman yang mumpuni. Bagain depan diperkuat rem cakram dan teromol dibelakang.

Pengaplikasian teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) membuat Mio J menjadi sangat irit. Dengan kapasitas tangki 4,8 liter masih menyisakan bensin sebanyak setengah tangki, padahal jarak yang ditempuh dari Yogya hingga Purwokerto mencapai 192 km.

Hasil Laporan team service Yamaha Indonesia bervariasi dari 51km per 1 liter hingga 70 km per 1 liter. Sementara rata-rata total 1Liter mampu menempuh 63 km. Hasil ini membuktikan anggota terbaru dari keluarga Mio menjadi yang paling irit.

Etape kedua sedang berlanjut siang ini dengan tujuan Purwokerto-Bandung. Untuk menuju finish point rombongan touring melintasi jalur selatan dengan estimasi jarak tempuh 300 km.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement