Share

120 Tahun Keberadaan Mesin Diesel

Azwar Ferdian, Okezone · Jum'at 24 Februari 2012 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 24 424 581667 j40PFRxEhD.jpg F: Rudolph Diesel (autoevolution)

TEPAT pada 23 Februari lalu adalah tepat 120 tahun mesin diesel merayakan keberadaannya sebagai salah satu penopang industri otomotif dunia.

Pada 23 Februari 1892 Rudolph Diesel, sebagai penemu mesin diesel pertama, memperoleh hak paten untuk mesin yang menggunakan namanya. Insinyur asal Jerman membutuhkan waktu satu tahun untuk membangun prototipe pertama dari mesin diesel.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rudolph Diesel bukanlah seorang insinyur atau ahli mesin yang hanya duduk mengamati mesin, alat-alat atau gambar. Rudolph Diesel juga seorang ahli teori sosial, karena dia ingin penemuannya ini bisa melayani dan berguna secara sosial.

 

Mesin diesel lahir dari keinginan Diesel untuk membuat sebuah mesin yang kompetitif dan bisa menantang arus industri otomotif saat itu. Hasilnya bisa dinikmati saat ini, dimana mesin diesel adalah salah satu mesin yang banyak digunakan di industri oromotif, berdampingan dengan mesin bensin.

 

Rudolph Diesel sudah berhasil mendapatkan mimpinya, dimana temuannya ini bisa berguna untuk warga dunia. Diesel telah berkembang dari hanya sebuah mesin yang ada di bawah kap mesin modern, yang sekarang menggantikan kerja keras seekor kuda sebagai alat transportasi. Terima kasih Rudolf!

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini