Share

Mobil Jepang Kehilangan Pangsa Pasar di AS

Aditya Maulana, Okezone · Senin 06 Februari 2012 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 06 52 570139 5TBak6FOCO.jpg F : Mobil Toyota (Inautonews)

CALIFORNIA – Awal 2012 ini beberapa produsen mobil asal Eropa, Amerika dan Jepang mulai membukukan penjualannya pada Januari lalu di Amerika Serikat (AS). Pabrikan asal Eropa dan Amerika banyak yang mengalami peningkatan penjualan, seperti Volkswagen, Mercedes-Benz dan Chrysler.

 

Namun, ada apa dengan produsen mobil asal Jepang, seperti Honda, Nissan, Toyota, Infiniti dan Lexus. Penjualannya menurun selama Januari lalu. Lima pabrikan asal Jepang itu mengalami penurunan pangsa pasarnya di Amerika Serikat (AS) terutama di California.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Seperti dilansir Inautonews, Senin (6/2/2011) mobil Jepang di California, mengalai penyusutan pangsa pasar 4,5 persen menjadi 44,5 persen di Januari lalu. Hal itu berbeda dengan awal 2010 lalu yang berhasil menigkat mencapai 7,3 persen. Penurunan pangsa pasar tersebut disebabkan oleh belum stabilnya produsen mobil Jepang pasca bencana alam di Jepang dan banjir di Thailand.

 

Bencana alam tersebut sangat mempengaruhi industri otomotif secara global, terutama untuk pabrikan mobil yang berasal dari Jepang. Namun, dari semua produsen mobil asal Jepang, Toyota tetap berada di posisi pertama dengan penjualan mencapai 19,2 persen dibandingkan merek lainnya.

 

Sementara itu, untuk produsen mobil lainnya seperti Kia, Hyundai dan Ford, berhasil meraih pangsa pasar di California, Amerika. Meski tergolong masih rendah, namun menurut ketiga produsen tersebut cukup bagus. Untuk Kia berhasil naik hingga 53 persen dari tahun sebelumnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini