Share

Ducati Riset Sasis Monocoque Pada 1199 Panigale

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 30 Desember 2011 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 30 53 549437 5Trl8vftFl.jpg F: Rendering sasis anyar Ducati 1198 Panigale (MCN)

BOLOGNA - Berbagai langkah pengembangan dilakukan produsen motor Ducati terhadap salah satu produk andalannya yaitu Ducati 1199 Panigale. Pabrikan asal Italia ini sedang meriset sasis dengan menggunakan sasis monocoque.

Sasis monocoque diproyeksikan untuk menggantikan sasis konvensional yang selama ini dianut oleh pabrikan yang markas di Bologna, Italia. Sasis yang dimaksud merupakan sasis turbular yang menyembul disisi samping motor sehingga kesan berotot begitu kuat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Sasis monocoque dipilih untuk mengurangi bobot sebesar 10kg dan dengan desain sasis baru ini kami dapat mencapainya. Sasis monocoque mampu mengurangi beban motor." jelas Claudio Domenicali, CEO Ducati seperti dilansir motorcyclenews.com, Jumat (30/12/2011).

Lebih lanjut Domenicali menjelaskan penggantian sasis monocoque ini tidak ada kaitannya dengan penjualan melainkan hanya untuk kebutuhan rekayasa atau pengembangan. Namun tidak menutup kemungkinan sasis ini akan digunakan jika menghasilkan sesuatu yang positif terutama meningkatkan kenyamanan berkendara.

Selain sasis, Ducati juga melakukan riset pada bagian kaki-kaki. Guna mendapatkan handling dan rebound yang maksimal ketika bermanuver, Panigale S dan S Tricolour akan menggunakan suspensi elektronik lansiran Ohlins. Untuk bagian depan menggunakan tipe Ohlins 43mm NIX30 sementara belakang mengadopsi Ohlins TTX36.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini