Share

Yamaha Fokus di Injeksi, Sengitkan Persaingan di 2012

Azwar Ferdian, Okezone · Kamis 22 Desember 2011 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 22 53 545810 EZbzuvShMG.jpg F: Yamaha V-ixion (dok YMKI)

JAKARTA - Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akan menelurkan tiga varian dengan sistem bahan bakar injeksi pada 2012 mendatang. Tiga varian yang sedang disiapkan tersebut adalah Mio Sporty, Mio Soul dan Jupiter Z.

Dengan demikian, persaingan di 2012 kemungkinan besar masih menjadi milik dua pabrikan yakni Honda dan Yamaha. Apalagi dengan meluncurnya varian-varian injeksi yang diluncurkan dua pabrikan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk varian sport sendiri kubu pabrikan berlambang garpu tala ini masih bertumpu pada Yamaha V-ixion, sebagai varian pertama Yamaha yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Varian Byson dan Scorpio diketahui masih mengadopsi sistem karburator.

“Yamaha memang sebagai pengguna pertama sistem bahan bakar injeksi dengan varian V-ixion, dimulai pada 2007 lalu. Tapi kelihatannya Yamaha terlalu asik dengan kelas sportnya, sehingga baru 2012 nanti varian matic dan bebek menggunakan sistem injeksi,” jelas pengamat industri sepeda motor Edo Rusyanto saat berbincang dengan Okezone, Kamis (22/12/2011).

“V-ixion waktu pertama kali hadir dianggap menantang arus, tapi ternyata bisa laris. Harusnya untuk varian sport lainnya juga bisa disematkan sistem injeksi. Tapi, mungkin dikhawatirkan bila Byson atau Scorpio menggunakan injeksi, bakal mematikan pasar V-ixion,” lanjut Edo.

Edo juga melihat dengan disiapkannya tiga varian injeksi di 2012, merupakan buah dari strategi tim Yamaha dalam melihat perkembangan sepeda motor dan persaingan di masa mendatang.

“Yang pasti ini ada kaitannya dengan regulasi yang sedang disiapkan pemerintah untuk standarisasi kendaraan bermotor. Market intelligent Yamaha membaca arah pasar di masa mendatang, serta tuntutan konsumen yang menginginkan sepeda motor irit bbm serta dan ramah lingkungan. Tidak boleh dilupakan adalah edukasi kepada konsumen tentang sistem bahan bakar injeksi,” tutup bikers senior yang konsen pada keselamatan berkendara ini.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini