Share

Tahun Depan Suzuki Siapkan 2 Model Motor Injeksi?

Septian Pamungkas, Okezone · Minggu 18 Desember 2011 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 17 53 543771 oVzQi4AnJy.jpg F: Suzuki GW250 (motorbeam)

JAKARTA - Pabrikan Suzuki kian serius untuk mengejar ketertinggalan mereka dari dua penguasa roda dua Tanah Air yaitu Honda dan Yamaha. Oleh karenanya pabrikan berlambang "S" tersebut terus mempersiapkan senjata baru yang akan diperkenalkan pada 2012 mendatang.

 

Kedua pabrikan yang menjajah pasar roda dua Tanah Air tersebut telah menetapkan bahwa produk-produknya kedepan akan meninggalkan sistem pengabutan karburator dan menggantinya dengan menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Suzuki pun memanfaatkan situasi ini untuk memperkenalkan produknya yang mengadopsi sistem injeksi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Kedepan sih rata-rata semua mengarah ke injeksi. Karena Euro 3 hanya bisa dipenuhi oleh mesin berinjeksi dan kalau semua sudah pakai injeksi kan jadi murah, karena produksi komponen injeksi secara kuantitas semakin besar, sehingga bisa menekan production cost," ujar sumber dari Suzuki yang enggan disebutkan identitasnya kepada Okezone.

 

Lebih lanjut, ia enggan membuka informasi lebih jauh mengenai rencana tersebut. Namun ia sedikit membocorkan model apa saja yang akan menggunakan sistem injeksi. Dimana diantaranya berasal dari model sport dan skutik.

 

"Sepertinya GW 250 dan nex akan (pakai) injeksi," bisik sang sumber.

 

Nama Suzuki GW 250 memang masih awam dibelantika roda dua Tanah Air. Pasalnya, motor sport ini merupakan model baru dari pabrikan asal Jepang tersebut. Suzuki GW250 baru saja diluncurkan di ajang China International Motorcycle Trade Exibition (CIMAMotor 2011) di Chongqing, China yang berlangsung beberapa bulan yang lalu.

 

Suzuki GW 250 dibekali mesin injeksi 2-silinder berkapasitas 248 cc mampu menghasilkan tenaga 24 hp pada 8.500 rpm dan torsi pada 23,8 Nm pada 6.500 rpm. Sementara desainnya mengusung gaya streetfighter dengan dimensi panjang 2.145mm, lebar 760mm dan tinggi 1.075mm.

 

Sementara Suzuki nex 110 baru saja diluncurkan kamis (15/12/2011) lalu. Suzuki Nex dibekali mesin satu silinder SOHC 2-katup berpendingin udara dengan kapasitas 113cc. Mesin ini diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 9,4 PS pada putaran mesin 8.800 rpm dan torsi 8,7 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

 

Nex yang memiliki bobot 87 kg dan tinggi 735mm semakin mudah untuk dikendarai terutama bagi pengendara pemula maupun wanita. Suzuki Nex tersedia dalam enam pilihan warna diantaranya hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini