Share

Yamaha V-ixion Mumpuni Buat Balapan

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 07 Desember 2011 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 07 53 539291 dCvuxLPSzc.jpg F: Yamaha V-ixion (dok YMKI)

JAKARTA – Yamaha V-ixion tidak hanya apik saat dibesut di jalan raya, di lintasan balap Vixion juga bisa dipacu maksimal. Itu diaplikasikan pada tiga kali periode Yamaha Riding Academy (YRA) 2011, di Sirkuit Kenjeran, Surabaya 5-8 November.
 

Tahun ini untuk pertama kalinya V-ixion dipakai sebagai motor latihan para pembalap di YRA sejak 2004. Keunggulan teknologi Fuel Injection (FI) Vixion turut dimanfaatkan. Sebanyak 10 unit V-ixion digunakan di Kenjeran ditambah tiga varian Yamaha R6.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“V-ixion dipakai dalam latihan YRA untuk adaptasi pembalap pada motor sport. Khususnya di periode ketiga ini sebagai latihan untuk persiapan final Yamaha Cup Race (YCR) di Malang dan Yamaha Asean Cup Race,” jelas Manager Motorsport Yamaha Indonesia, Ari Wibisono.

 

Sebanyak 20 pembalap Yamaha yang merupakan hasil seleksi 10 besar terbaik dari YRA periode pertama dan kedua, ambil bagian dalam YRA periode ketiga. 10 diantaranya yang akan membalap di final YCR dan Yamaha Asean Cup Race.

 

“V-ixion mudah disetting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) nya sehingga diperoleh power untuk jadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian knalpot yang berkarakter racing,” jelas M.Abidin, Assistant General Manager Technical Support Yamaha Indonesia.

 

Latihan dengan menggunakan V-ixion memudahkan pembalap saat menunggangi motor besar Yamaha lainnya seperti R6 dan R1 karena dua motor itu juga mempunyai teknologi F1. “Jadi, feeling buka tutup handle gas bisa didapatkan. Tipikal mesin Vixion dan motor-motor besar Yamaha lainnya yang dipakai buat balap sama. Hanya cc, bodi dan pengendalian power yang beda,” terang Abidin.

 

Penjualan segmen sport Yamaha menjadi yang tertinggi, dengan penjualan sebanyak 23.432 unit. Vixion menyumbang kontribusi tertinggi sebanyak 16.570 unit, Byson 5.460 unit dan Scorpio 1.402 unit. Total sepanjang Januari hingga November 2011, motor sport Yamaha berkontribusi sebanyak 296.733 unit. Sedangkan total penjualan secara keseluruhan Yamaha dari Januari sampai November 2011 adalah 3.014.070 unit.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini