Share

Metode Water-based Paint Mulai Diminati

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 05 Desember 2011 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 05 52 538129 MCrpF8CCha.jpg F: Eksterior Hati Nurani menggunakan water-based paint (Septian Pamungkas / Okezone)

JAKARTA - Dunia modifikasi kini kian maju di segala lini. Mereka pun semakin peduli terhadap lingkungan sekitar salah satunya dengan menggunakan metode water-based paint dalam proses pengecatan.

Industri otomotif merupakan salah satu penyumbang emisi yang besar, termasuk didalamnya pengecatan kendaraan yang menggunakan material mengandung VOC (volatile organic compound) senyawa organik yang menguap dan berbahaya bagi kesehatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun dengan menggunakan metode pengecatan berbasis air ini diyakini mampu menekan tingkat polusi. Rumah modifikasi asal Yogyakarta, Kupu-kupu Malam, turut menggunakan metode ini pada mobil berjuluk Hati Nurani.

"Soalnya tingkat polusinya rendah dan ATPM (agen tunggal pemegang merek) sudah banyak yang pakai," jelas Kunto Wibisono, Manager Kupu-kupu Malam saat dihubungi Okezone, Senin (5/12/2011).

Kunto mengaku banyak keuntungan dalam penggunaan cat berbasis air ini diantaranya cat dapat langsung menempel di bodi dan cepat kering, penggunaannya juga jauh lebih hemat. Selain itu kandungan VOC (Volatile Organic Compound) lebih rendah sehingga aman bagi manusia dan ramah bagi lingkungan.

"Efisiensi bisa dua kali lipat. Contoh pakai pengecatan pakai tiner seperti umumnya menghabiskan enam kaleng tapi pakai cara ini hanya dua kaleng." tukasnya.

Salah satu ATPM yang mengaplikasi metode Water-based paint adalah Honda Prospect Motor (HPM). HPM telah menyiapkan 8 bengkel resmi yang mampu melayani pengecatan dengan metode ini diantaranya Honda Pondok Indah Jakarta Selatan, Honda Fatmawati Jakarta Selatan, Honda Bandung Center dan Honda Solo Baru.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini