Share

Honda CR-V 2012 Lebih Dinamis Semakin Elegan

Wahyu Sibarani, Koran SI · Jum'at 02 Desember 2011 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 02 52 537237 tIs3GUV7Lu.jpg F: Honda CR-V 2012 (daylife)

TOKYO - Honda CR-V merupakan salah satu sport utility vehicle (SUV) paling populer di Indonesia. SUV mewah ini merupakan salah satu penyokong terbesar penjualan Honda di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, mobil ini juga merajai penjualan otomotif di dunia. Rekor fantastis yang pernah dicatat mobil ini adalah terjual sebanyak 4.434 juta unit di 160 negara sejak 1995. Angka itu akan dipastikan membengkak lagi ketika generasi kelima mobil ini diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2011.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Aslinya, mobil ini pertama kali diluncurkan di ajang Los Angeles Motor Show awal November lalu. Namun,untuk peluncuran perdananya di kawasan Asia,baru pertama kali dilakukan di Tokyo. Respons yang diberikan atas mobil ini adalah serba lebih.

Dari sisi eksterior, CR-V terbaru ini hadir dengan garis bodi yang hampir mirip dengan generasi sebelumnya. Namun, garis yang melewati pilar D lebih mengotak sehingga terlihat lebih gagah. Pihak Honda mengatakan bahwa SUV generasi keempat ini memiliki desain yang lebih dinamis dan modern dibandingkan generasi ketiga.

Bila Anda melihat ke bagian depannya,CR-V ini terlihat gagah dan elegan dengan grillberlapis krom dan juga lampu utama yang hadir dengan desain baru. Adapun bagian belakangnya, semua lampu tetap ditempatkan di pilar D seperti generasi CR-V sebelumnya.

Namun, Honda mendesain ulang bentuk lampu belakang tersebut sehingga terlihat elegan dan sedap dipandang. Setelah puas memandangi bagian eksterior CR-V terbaru ini,sekarang saatnya untuk melihat perubahan yang terjadi pada SUV kompak ini. Pihak Honda mengatakan bahwa kabin mobil ini lebih luas dan nyaman untuk lima orang penumpang dewasa. Selain itu, pihak Honda membuat kapasitas bagasi yang lebih luas dan lebih praktis karena bibir bagasi yang lebih rendah sehingga memudahkan untuk memasukkan atau mengeluarkan barang.

Honda CR-V terbaru ini juga mempunyai sistem pelipatan yang lebih praktis, yakni Easy Fold – Down 60/40 Split Rear Seat. Honda mengklaim proses pelipatan kursi lebih mudah dan meningkatkan kapasitas ruang barang yang lebih besar. Hal ini karena setiap kursinya bisa dilipat rata.

Di sektor mesin, para insinyur Honda membenamkan mesin i-VTEC 4 silinder yang berkapasitas 2.400 cc sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 185 hp. Nantinya tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 5-percepatan. Selain itu terdapat mode pengendaraan yang ekonomis,cukup memencet tombol ECON.

Dengan mode ekonomis ini, pengemudinya akan dipandu bagaimana cara mengemudikan mobil yang efisien dan ekonomis. Selain itu terdapat Eco Assist yang merupakan fitur baru di SUV ini. Fitur ini memungkinkan pengemudi melihat efisiensi cara mengemudinya. Bila Anda berkendara efisien, maka akan muncul warna hijau di sekitar spedometer secara otomatis. Fitur terbaru lainnya yang hadir adalah SMS Text Messaging Function yang mampu membaca SMS masuk melalui sistem audio di mobil.

Dengan fitur ini ,Anda tidak perlu menepikan mobil dan membaca SMS tersebut sampai selesai. Dengan tawaran tersebut, tidak heran banyak penasaran kapan mobil ini akan datang ke Indonesia. Direktur Marketing dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy menjawab diplomatis.

”Kalau banjir di Thailand tidak terjadi, mungkin tahun depan kami akan bawa mobil tersebut. Untuk perkenalan, mungkin di ajang Indonesia International Motor Show 2012 kami perkenalkan untuk konsumen di Indonesia,” ujarnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini