Share

Tips Mudik Aman Ala Honda

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 18 Agustus 2011 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 18 87 493381 CWoAfLSTPH.jpg F: Kelebihan muatan (okezone)

JAKARTA - Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, aktifitas pulang kampung atau mudik banyak dilakukan masyarakat dengan menggunakan sepeda motor. Banyak faktor alasan mengapa mereka melakukan ritual mudik dengan cara tersebut meskipun pemerintah daerah dan pihak kepolisian telah melarang mudik menggunakan sepeda motor.

 

Meski demikian bepergian jarak jauh seperti ini dapat aman dan tetap nyaman dilakukan apabila anda melakukan persiapan baik untuk diri sendiri maupun sang tunggangan. Berikut adalah tips mudik aman versi Honda yang dilansir wahanaartha.com.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Persiapan Diri / Pribadi

1. Lakukanlah pemanasan sederhana layaknya akan berolahraga, contoh; gerakan kepala, lengan, bahu, pinggul dan kaki. Ulangi setiap dua jam perjalanan.

2. Makan dan minum air putih secukupnya sebelum berangkat, jangan terlalu kenyang karena akan mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

3. Bawa obat-obatan pribadi secukupnya.

4. Tidur dan istirahat yang cukup sebelum keberangkatan dan istirahatlah minimal 15 menit setiap 2 jam berkendara untuk menjaga stamina.

5. Jangan membawa uang berlebihan. Sebaiknya membawa kartu ATM untuk pengeluaran pribadi dan kebutuhan darurat saja.

6. Pakailah helm yang standar (SNI), bukan helm cetok. Boncengan juga harus pakai helm.

7. Gunakan jaket, celana panjang (disarankan jenis jeans) dan sepatu yang menutup mata kaki agar mengurangi luka serius apabila terjadi kecelakaan.

 

Persiapan Sepeda Motor

1. Lakukan service rutin/Tune-Up dan ganti oli di AHASS seminggu sebelum berangkat.

2. Periksa kembali seluruh fungsi sepeda motor sebelum berangkat, seperti fungsi rem, kopling, tekanan angin ban, kembangan ban, lampu depan, belakang, sein dan lampu rem.

3. Bawalah spare part ringan sebagai cadangan, seperti ban dalam, bohlam lampu depan / belakang, busi, kabel kopling dan kabel gas.

4. Untuk sepeda motor laki, selalu posisikan kran bensin pada posisi ON agar apabila tiba-tiba kehabisan bensin dan jarak pom bensin terdekat masih jauh masih mempunyai bensin cadangan ( + 2 liter ). Disarankan tidak menaruh posisi kran bensin di posisi RES karena ketika bensin habis tidak akan mempunyai cadangan.

5. Untuk sepeda motor yang telah dimodifikasi, baik dari sistem kelistrikan maupun mesin, sebaiknya kembalikan dulu ke kondisi standar sebelum berangkat mudik. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini