Share

Tambah Kompresi Honda Tiger? Pakai Piston Megapro

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 03 Agustus 2011 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 03 53 487643 DTBErK3u1k.jpg F: Honda Tiger (AHM)

JAKARTA – Pengguna Honda Tiger biasanya mengeluh pada top-speed tunggangan yang dianggap pas-pasan untuk ukuran motor laki. Masalah ini bukan tanpa solusi, tanpa harus menobrak-abrik dapur pacu si Macan.
 

Kompresi Tiger baik lansiran lawas atau Revo bisa diakali dengan mengganti piston milik adiknya, Honda Megapro. Pasalnya, motor dengan silinder 160cc itu memiliki kepada piston yang menonjol

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Orang bilang kepala piston Megapro jenong. Bahasa mesinnya dome-nya lebih tinggi Megapro daripaa Tiger,” jelas Mahali mekanik Toli Motor di bilangan Cimanggis, Depok.

 

Dengan dome yang lebih tinggi dari piston Megapro, dianggap bisa menaikan kompresi motor dan imbasnya akselerasi yang jauh lebih bagus. Tarikan Macan 2000 ini bisa lebih padat.

 

Piston milik Honda Megapro, punya diameter yang sama dengan Tiger. Tapi langkah lebih panjang Tiger. Transmisi Tiger juga lebih banyak, dimana Tiger enam percepatan, sementara Megapro hanya lima.

 

Hanya piston perlu sedikit dipapas agar tidak mentok dengan klep “Harus dibuang sekitar 0,5mm, biar enggak mentok ke klep. Boring tidak akan berubah, piston bisa langsung ngeplak,” lanjut Mahali dengan dialek Betawi yang kental.

 

Tapi, bila sudah menggunakan piston anyar, jangan langsung gas poll. “Ini harus inreyen, mesin jangan dikasih putaran RPM tinggi. Maksimal 4000 rpm, baru klepnya disetel ulang," tutup Mahali.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini