Share

MRT Melintasi Pusat Kota Jakarta Akhir 2016

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 20 Juni 2011 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 20 52 470483 xy4Nak91Bs.jpg Contoh interior MRT (foto: Septian Pamungkas/Okezone)

JAKARTA- Ada pemandangan berbeda di stand Provinsi DKI Jakarta selama gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2011. Di stand yang cukup luas ini terdapat sebuah miniatur alat transportasi masa depan Ibukota yang disebut Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Diharapkan dengan adanya MRT Jakarta, dapat menekan angka kemacetan di jalan raya Ibu kota.

MRT dapat menjadi alternatif solusi transportasi bagi masyarakat yang juga ramah lingkungan. Perlu diketahui, polusi udara akibat kendaraan bermotor memberi kontribusi 80 persen dari polusi di Jakarta. MRT Jakarta digerakan oleh tenaga listrik sehingga tidak menimbulkan emisi CO2 diperkotaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

MRT Jakarta yang berbasis rel rencananya akan membentang ±110.3 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang ±23,3 km dan Koridor Timur – Barat sepanjang ±87 km.

Seperti dikutip dari situs resmi MRT Jakarta, jakartamrt.com, total  nilai proyek adalah sekitar 144 Milyar Yen dengan besar pinjaman sekitar 120 Milyar Yen dan selebihnya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta (APBD) DKI Jakarta. Biaya proyek akan ditanggung bersama antara Pemerintah Pusat (42%) dan Pemerintah Daerah (58%).

Menurut keterangan Deni Umaryadi, engineer MRT Jakarta, rencananya MRT akan dibangun pada pertengahan September 2012 dan diharapkan selesai pada akhir Desember 2016. Beberapa negara tetangga yang sudah menggunakan sistem transportasi seperti ini, di antaranya Singapura, India, Thailand, Cina dan Jepang.

"Rencananya akan ada enam gerbong untuk melayani masyarakat Jakarta. Dalam satu gerbong dapat memuat 250 orang." tambahnya saat di temui Okezone di arena PRJ (19/6/2011).

Pembangunan MRT Jakarta akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.2 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.

Rute MRT Jakarta Bunderan HI - Lebak Bulus meliputi Bundaran HI - Dukuh Atas - Setiabudi - Bendungan Hilir - Istora - Senayan - Sisingamangaraja - Blok M - Blok A - Haji Nawi - Cipete Raya - Fatmawati - Lebak Bulus.

Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8.1 Km yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2018 (dipercepat dari 2020). Sementara Koridor Barat-Timur saat ini sedang dalam tahap pre-feasibility study. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024- 2027.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini