Share

Kecelakaan Sepeda Motor Penyebab Kematian No 3 di Indonesia

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 16 Juni 2011 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 16 53 469361 fyH5kBGYzr.jpg Jumpa Pers Kampanye Sejuta Komitmen (foto: Septian Pamungkas/Okezone)

FAKTA mencengangkan dikabarkan Dinas Perhubungan Indonesia. Faktanya adalah kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian nomer tiga di Indonesia setelah serangan jantung dan stroke.

Pada 2009, sepeda motor memberikan kontribusi sebesar 55.6 persen dari angka kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berdasarkan Badan Litbang Kesehatan Departemen Kesehatan, 25 persen korban yang meninggal dalam kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Dan sebanyak 28 persen dari korban kecelakaan tersebut menderita cidera kepala.

"Banyak kecelakaan yang terjadi bukan karena faktor teknis, namun karena pengendara lepas kendali. Kebiasaan mengebut karena ingin segera tiba ditempat tujuan, sering membuat pengguna jalan kehilangan toleransi dan tidak respect terhadap pengguna jalan yang lain." ujar Willy Suwandi Dharma di sela-sela pressconference Kampanye Sejuta Komitmen, Kamis (17/6/2011).

Lebih menyedihkan lagi adalah data yang disodorkan Survey ADV-ASEAN yang menunjukkan kinerja keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia paling buruk diantara Negara Asean lainnya. Tidak hanya itu, Indonesia juga menduduki peringkat ke-2 didunia setelah Nepal mengenai tingkat angka kematian akibat kecelakaan lalulintas.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini