Share

Strada Triton HDX, Alat Transportasi 'Khusus' Kaltim

Azwar Ferdian, Okezone · Rabu 15 Juni 2011 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 15 52 468593 E8Xb7SIfzm.jpg Jumpers bersama Hiroshi Masuoka & Eiichi Koito (foto: Azwar Ferdian/Okezone)

BALIKPAPAN- Kalimantan Timur dikenal sebagai provinsi di Indonesia yang memiliki banyak pertambangan sebagai kekayaan alam paling utama. Untuk itu diperlukan kendaraan khusus yang bisa diandalkan untuk bisa menjadi alat transportasi yang paling tepat.

PT Krama Yudha Tiga Berlian melihat peluang ini untuk mengembangkan varian yang memang khusus diperuntukan di wilayah dengan kontur trek berat seperti pertambangan di Kaltim ini. KTB pun mengembangkan varian Strada Triton HDX, yang diklaim sebagai kendaraan sempurna buat trek berat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Di kota besar seperti Jakarta, tidak banyak populasi penjualan Strada Triton. Tapi kami memang melepas di daerah seperti Kaltim. Dominan 55 persen penjualan di Kaltim dan di sini Triton sudah dianggap seperti sedan," jelas operating marketing director KTB Eiichi Koito kepada wartawan, di Bumi Nirwana Indah, Balikpapan, Rabu (15/6/2011).

Eiichi melanjutkan, Strada Triton sebenarnya sudah meluncur pada 2008 dengan varian GLS. Perbedaan HDX dengan GLS ada pada bagian suspensi. HDX dinyatakan lebih stabil dan nyaman untuk kontur jalan rusak seperti di Kaltim ini. KTB berani memasang target 200 unit atau 70 persen, dalam memenuhi permintaan dari konsumen di Kaltim yang menginginkan mobil berspesifikasi khusus buat pertambangan.

Sementara itu owner PT Mandau Berlian Sejati, Dedi Tedja, mengatakan bahwa ke depannya Mitsubishi akan memiliki diler dan bengkel resmi di seluruh wilayah Kalimantan Timur. Pasalnya, dengan penjualan yang terus meningkat konsumen akan semakin dimudahkan dalam mencari layanan after sale, seperti suku cadang dan lainnya.

Dedi menambahkan, pihaknya akan memberikan fasilitas khusus buat konsumen di pertambangan yakni, kontrak service perawatan dua tahun plus satu tahun tambahan. Opsi ini dilakukan Mandau Berlian Sejati sebagai bagian dari strategi melihat pesaing lain yang juga sudah mulai melirik pasar mobil 4X4 di Kaltim ini.

"Secara umum rival datang dari varian baru seperti yang dikeluarkan Nissan atau Toyota. Sementara pabrikan asal Amerika Serikat Ford dianggap sebagai rival utama. Tapi kebanyakan dari mereka bermasalah pada sektor aftersales. Kami sudah selangkah lebih maju, bila konsumen membutuhkan suku cadang, mereka tidak perlu menunggu waktu lama karena barang yang tidak tersedia. Kedepannya, ada banyak titik yang memiliki banyak potensi pertambangan, juga akan kami rambah dengan membangun dealer resmi. Sedikitnya ada 200 titik yang memiliki potensi," jelas Dedi.

Dedi juga sedikit memberikan tips perawatan bagi para pemilik Strada Triton, khususnya di wilayah Kaltim. Menurutnya, tanah di sini berbeda dengan tanah di pulau Jawa yang tidak bersifat merusak. Saran dari pria ramah ini adalaah agar selalu menjaga kebersihan mobil setiap hari.

"Lumpur di sini jahat. Sehari dibiarkan akan menjadi keras seperti batu. Bila dibiarkan sangat berbahaya, apalagi sampai terkena komponen penting. Untuk itu, pemilik diimbau selalu memelihara kebersihan bodi, kolong mobil, sampai filter udara setiap harinya. Dijamin mobil bisa awet sampai dua tahun," tutup Dedi.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini