Share

Ilmuwan UI Temukan Khasiat Daun Zaitun untuk Jantung

Fitri Yulianti, Okezone · Senin 18 April 2011 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 18 195 447162 k2IditPU8k.jpg (Foto: gettyimages)
A A A

SAAT jantung masih menjadi momok sebagian besar orang, temuan obat untuk memeranginya tentu membahagiakan. Kabarnya, sebuah pil yang dibuat dari daun pohon zaitun bisa menjadi senjata ampuh dalam memerangi penyakit jantung.

Menurut penelitian, pil zaitun sama efektif dengan beberapa obat resep dokter untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Pil ini juga memiliki khasiat menurunkan tingkat lemak darah berbahaya (trigliserida) yang diketahui meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selama studi, pasien yang mengonsumsi pil daun zaitun selama delapan minggu mengalami penurunan signifikan dalam tekanan darah, dan tingkat trigliserida.

Menurut peneliti, jika studi mengonfirmasi lebih lanjut tentang efek kuat pil daun zaitun, obat ini dapat digunakan untuk membantu pasien yang berjuang dengan efek samping obat tekanan darah.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan minyak zaitun dapat melindungi jantung dengan mengurangi penumpukan lemak di dalam arteri koroner.

Zaitun juga telah dikaitkan mampu membantu menurunkan risiko kanker payudara, ulcerative colitis, bahkan depresi. Dan dengan kandungan senyawa polifenol, daun zaitun juga mampu menangkal penyakit dan melindungi tubuh terhadap efek berbahaya dari radikal bebas.

Penelitian UI

Para peneliti dari Universitas Indonesia, Jakarta, menguji ekstrak daun zaitun dengan merekrut 180 pasien dengan masalah tekanan darah tinggi dan membagi pasien menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengongumsi pil daun zaitun selama delapan minggu sedangkan kelompok kedua diberi obat antihipertensi disebut captopril, yang dapat menyebabkan pusing.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine ini, tekanan darah sistolik pasien kelompok pertama turun rata-rata 11,5 poin dan 13,7 poin pada pasien kelompok kedua. Sementara, tekanan darah diastolik turun 4,8 poin pada pasien kelompok pertama dan 6,4 poin pada pasien kelompok kedua.

"Daun pohon zaitun telah digunakan sejak zaman dahulu untuk memerangi tekanan darah tinggi, ateroskeloris (penuyumbatan arteri) dan diabetes,” jelas Prof DR dr Endang Susalit, SpPD, KGH, ketua peneliti dari Universitas Indonesia, dalam laporan studi.

"Kekuatan antihipertensi dari ekstrak daun zaitun sebanding dengan captopril, dan efek menguntungkan dalam menurunkan kadar trigliserida menunjukkan indikasi yang kuat," tambahnya, seperti dilansir Daily Mail, Senin (18/4/2011).

Profesor Endang mengatakan, temuan perlu direplikasi dalam studi yang lebih besar sebelum nantinya pil daun zaitun digunakan secara lebih luas.

British Heart Foundation mendesak mereka yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah agar tidak berhenti minum obat tanpa konsultasi dokter. Cairan ekstrak daun zaitun dijual di Inggris seharga poundsterling 28,99 (Rp410 ribu) per botol dengan nama merek Comvita Olive Leaf Complex.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini