Share

Ford Luncurkan Focus Listrik Akhir 2011

Edo Permanadhita, Okezone · Senin 10 Januari 2011 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 10 52 412279 Mr5v7bF4bh.jpg (foto: Carscoop)

Mungkin karena panas dengan kemunculan Nissan Leaf dan Chevrolet Volt yang sejatinya merupakan mobil berternaga listrik, kini produsen mobil asal Amerika Serikat Ford juga ikut meluncurkan Focus Elektrik terbaru. 

Ford Focus ini nantinya diklaim akan menjadi mobil penumpang pertama yang menggunakan tenaga listrik murni yang diproduksi dan didasarkan pada generasi terbaru dari Focus hatchback lima pintu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bersembunyi di balik  grill depan yang mirip sebuah Aston Martin, Ford Focus ini memakai drivetrain listrik dari sebuah motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 123 HP, dan torsi sebesar 181 lb-ft dengan transmisi kecepatan tunggal. 

Energi yang dimiliki mobil tersebut disediakan oleh sistem baterai lithium-ion, yang telah direkayasa oleh Ford bekerjasama dengan pemasok LG Chem.  

Ford mengatakan bahwa bila diisi dengan daya sebesar 240 volt, baterai dapat diisi dalam tiga sampai empat jam, atau sekira setengah lebih cepat dari waktu Nissan Leaf. 

Focus listrik mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 84 mph (136km / h). Sayangnya, Ford tidak memberikan angka resmi terkait jangkauan mobil tersebut dengan kondisi baterai terisi penuh. 

Namun sebelumnya, seorang eksekutif perusahaan menyatakan, bahwa Focus EV akan dapat menempuh jarak sekitar 100 mil atau 160km. 

Sebagai perlengkapan standar, Focus listrik tersebut akan dilengkapi dengan enam buah airbag, dan kontrol traksi elektronik. 

Selain itu, terdapat hand-free SYNC konektivitas telepon, MyKey, velg aluminium ring 15, Sony Audio dengan sembilan speaker, Sirius Satelite Radio, dan sistem navigasi. 

Untuk pasar Amerika, Focus electric akan dibangun di Ford's Michigan Assembly Plant di Wayne, Michigan, dengan penjualan dimulai akhir 2011.  

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini