Share

TKI Banyak Disiksa, Pemerintah Gagal Sejahterakan Rakyat

Susi Fatimah , Okezone · Sabtu 20 November 2010 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 20 337 395105 CpgR5nlijl.jpg
A A A

JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning mengatakan maraknya penyiksaan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, seperti terjadi pada Sumiati dan Kikim Komalasari, merupakan bukti bahwa pemerintah gagal memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.

Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) ini menilai, selama ini para TKI hanya dijadikan sebagai sumber devisa tanpa melihat sisi Hak Asasi Manusia (HAM).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Hanya dijadikan sebagai sumber devisa saja, tanpa melihat sisi HAM," ujar Ribka dalam pesan singkatnya kepada okezone Sabtu (20/11/2010).

Sumiati dan Kikim Komalasari adalah sebagian dari 5.536 kasus TKI yang diperlakukan sewenang-wenang majikan di Arab Saudi.

Kikim dibunuh majikannya tiga hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1431 H. Informasi awal soal tewasnya Kikim disampaikan salah satu relawan Pospertki PDI Perjuangan yang berada di Kota Abha.

Dalam laporannya kepada pimpinan Korwil Arab Saudi PDI Perjuangan, Kikim dibunuh dan jasadnya dibuang ke tong sampah.

Sedang Sumiati, Gadis asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dilarikan ke RS King Fahad, Madinah 8 November lalu. Dari luka di tubuh menunjukkan Sumiati mendapat perlakuan yang tidak manusiawi dari majikannya Khalid Saleh Al Akhmin.

Bahkan, sang majikan tega menggunting sebagian bibir atas Sumiati. Kini, majikan Sumiati sudah ditangkap dan proses hukum terhadap kasus ini tengah diproses.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini