Share

Menteri Transportasi Ceko Kena Tilang

Koran SI, Koran SI · Minggu 21 November 2010 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 19 52 394887 ZJY5QdiaIP.jpg Ilustrasi (Ist)

CEKO- Penegakan hukum memang seharusnya dilakukan kepada smua pihak tanpa pandang jabatan. Hal itulah yang dialami oleh Menteri Transportasi Ceko, Vit Barta baru-baru ini.

Pihak kepolisian Ceko baru saja menahan Surat Izin Mengemudi (SIM) milik sang menteri karena dianggap melanggar peraturan lalu lintas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Alhasil Vit Barta dilarang mengemudi selama enam bulan. Penyebabnya karena Vit Barta mengemudikan Maserati miliknya dengan plat polisi palsu. Selain dilarang, Barta juga kena denda hingga 5.000 Koruna atau sekitar Rp2,5 jutaan.

“Izin mengemudi saya telah ditangguhkan selama enam bulan. Jika aturan tidak standar ganda, aku tentu tidak akan mengajukan banding atas keputusan itu,” kata Barta seperti dilansir Prague Monitor, Minggu (20/11/2010).

Peristiwa Barta memakai plat nomor palsu itu terjadi di bulan Juli. Ketika itu Barta baru akan kembali dari pernikahannya.Informasi lain menyebutkan, juru bicara Kementerian Transportasi Ceko mengatakan kalau plat polisi mobil Barta hilang ketika dia sedang berkendara.

Karena peristiwa itu Czech News Agency melaporkan kalau Barta hanya sanggup memiliki SIM selama 2 tahun saja sejak pertama kali mendapatkannya di tahun 2008 silam. Dengan begitu, Barta pun telah menjadi menteri transportasi pertama Ceko yang dihentikan izin mengemudinya karena kesalahan sendiri.

Sementara juru bicara Kementrian Transportasi Ceko menyebutkan Vit Barta menyadari betul kesalahan tersebut. Untuk itu ia setuju kalau surat izin mengemudi miliknya ditahan.“Dia memang tidak akan komplain.Namun ia sedikit bingung kalau libur tiba.Mungkin ia akan meminta istrinya untuk mengendarai mobil,” ujar juru bicara Kementerian Transportasi Ceko, Karel Hanzelka.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini