Share

Sultan Brunei Obral Puluhan Koleksi Mobilnya

Edo Permanadhita, Okezone · Jum'at 12 November 2010 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 12 52 392592 Vc3oIzvi9k.jpg (foto:Jalopnik)

BRUNEI DARUSSALAM- Kita semua tahu, Sultan Brunei adalah salah satu kolektor mobil dengan jumlah koleksi paling banyak di dunia. Tidak tanggung-tanggung, koleksinya mencapai 7000 unit.

Mobil yang dikoleksinya pun tak tangung-tanggung, mulai dari Ferrari hingga Buggati Veyron dan beberapa mobil eksotis nan langka lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sultan sendiri memiliki koleksi menakjubkan yang mencakup lebih dari 500 Mercedes, 360 Ferrari, 180 Bentley, dan 160 Porsche

Namun kini muncul kabar mengejutkan, seperti dilansir oleh Jalopnik, Jumat (12/11/2010), Sultan Haji Hassanal Bolkiah diberitakan telah menjual beberapa koleksinya kepada umum.

Meskipun tidak disebutkan secara pasti itu merupakan mobil sultan, tetapi orang nomor satu di negeri kaya minyak tersebut dikabarkan suka memberikan beberapa koleksi mobilnya untuk para sanak saudaranya.

Kemungkinan mobil yang dijual tersebut adalah yang diberikan kepada kakaknya Jefri Bolkiah, yang baru-baru ini tersangkut masalah hukum dengan mantan pengacara karena tidak bisa membayar biaya denda, dan krisis keuangan pada Brunei Investment Authority , yang mengkibatkan Jeffry kehilangan uang senilai USD 40 miliar dolar AS karena gaya hidupnya yang terkenal boros.

Penjualan mobil tersebut dilakukan melalui seorang broker di Selandia baru, ia ditugaskan untuk menjual 25 Ferrari mencakup Enzo, F50, dan F40, tiga Lamborghini termasuk dan dua unit Countach edisi 25th Anniversary, dan satu Cizeta, dan beberapa mobil supercar langka lainnya seperti 964 Porsche 911 Turbo S Leichtbaus.

Sultan Brunei memiliki dua unit Cizeta berhitam dan satu Cizeta biru yang satu unitnya dijual dengan harga sekitar Rp 4.1 miliar.

Didunia Cizeta hanya ada delapan unit, sehingga kemungkinan besar itu memang benar-benar milik Sultan yang juga memiliki Nazca Italdesign, yang merupakan salah satu dari tiga prototipe yang pernah dibuat.

Yang mengejutkan semua mobil yang dijual tersebut hampir tidak pernah digunakan, karena memiliki jarak tempuh yang masih sangat sedikit, bahkan seperti dari dealer.  

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini