Share

Wego Bukan Calon Skutik TVS di Indonesia

Prasetyo Adhi, Okezone · Kamis 04 November 2010 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 04 53 389753 Qxqetop02T.jpg TVS (foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA- Kehadiran skuter matik (skutik) TVS Wego langsung menyedot perhatian okezone. Mungkinkah ini calon skutik TVS yang bakal beredar di Indonesia?

"Untuk Wego kita hanya display saja, ini unit yang beredar di India," sebut Chief Operating Officer (COO) PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) Darmady Tjuatja ketika ditemui di sela acara Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2010 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (3/11/2010).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia mengungkapkan, saat ini TMCI selaku agen tunggal pemegang merek sepeda motor TVS di Indonesia memang sedang menggodok mesin baru untuk model skutik. "Tapi bukan Wego yang akan kita pasarkan," jelasnya.

Dirinya menyebut ada beberapa karakteristik dari Wego yang tidak mungkin untuk dipasarkan di Nusantara. "Di antaranya material bodi dari bahan stainless stell, rata-rata motor di Indonesia berbodi dari bahan fiber," katanya.

Tak hanya itu, ukuran ban dan pelek juga dianggap terlalu kecil untuk ukuran skutik saat disandingkand engan skutik lain terutama dari Jepang.

"Wego masih pakai pelek 12 inci, sementara skutik Yamaha dan Honda rata-rata ukuran pelek 14-16 inci," ujar dia. Ukuran pelek ini, lanjut Darmadi, berpengaruh dengan karakteristik konsumen di dalam negeri.

Dirinya mengatakan saat Yamaha dan Honda memakai pelek berukuran kecil untuk skutiknya ketika pertama kali keluar maka kurang sukses di pasaran. "Demikian juga dulu Kymco sempat datang dengan skutik berpelek kecil tapi gagal juga," katanya.

Oleh sebab itu, skutik bermesin 109,7 cc 4-tak single cylinder OHC air cooled itu bukan ditujukan untuk pasar Indonesia. "Jadi display saja bahwa TVS punya skutik," tukas Darmadi

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini