Share

Mesin Baleno Muncul Suara Berdecit

Rabu 06 Oktober 2010 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 06 286 379623

Pertanyaan:

Mobil saya Suzuki Baleno tahun 2001. Mobil saya mengalami masalah karena muncul suara mendecit pada saat pertama starter. Sebelum bunyi itu muncul, terjadi bunyit berdecit pula, tapi kondisi ini berlangsung ketika mobil sedang dijalankan.

Kemudian fanbeltnya saya beri cairan khusus (belt dressing) bunyi cit-cit-cit tadi hilang. Disarankan pula ganti fanbelt (yang ke AC & Alternator). Tetapi setelah ganti malah selalu timbul bunyi cit-cit-cit di pagi hari pada saat start awal hanya sekira 3 detik. Mengapa hal ini terjadi?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terima kasih

Dian, Cirebon, Jawa Barat

Jawaban:

Bunyi belt berdecit menandakan adanya selip antara belt dan puli. Nah saat AC dinyalakan beban puli bertambah, yang membuat selip akan semakin besar. Ada 2 penyebab utama selipnya belt terhadap puli, yakni kelembaban karet belt berkurang sehingga kering dan makin licin atau kekencangan tegangan belt terhadap puli kurang.

Bila yang terjadi adalah berkurangnya kelembaban belt, maka cara yang Anda lakukan bisa menolong selama kondisinya belum begitu parah. Tapi ada satu titik di mana belt sudah tidak bisa lagi dikembalikan kelembaban dan kelenturannya. Untuk itu Anda harus segera mengganti belt baru.

Namun jika kondisi belt masih bagus, berarti tegangan belt mesti ditambah. Untuk melakukan ini Anda sebaiknya datang ke bengkel resmi, karena merekalah yang tau persis seberapa kencang belt harus ditegangkan.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini