Share

VW Passat Jadi Mobil Teririt di Dunia

Edo Permanadhita, Okezone · Selasa 05 Oktober 2010 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 05 52 379250 rEG7etODzd.jpg Foto: Ist

JERMAN- Volkswagen (VW) telah mengumumkan, bahwa kini telah berhak memegang rekor dunia untuk jarak tempuh terpanjang.

Rekor tersebut diperoleh setelah VW Passat Bluemotion terbaru, berhasil menempuh perjalanan sejauh 2.465 kilometer tanpa perlu mengisi bahan bakar lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mobil yang dikemudikan oleh seorang Jurnalis Gavin Conway dari The Sunday Times tersebut, telah berhasil menempuh jarak 2.465 kilometer, atau setara dengan perjalanan dari London ke Malaga atau dari Los Angeles ke New York.

“Pemecahan rekor tersebut sendiri telah dipantau oleh perwakilan independen dari organisasi Guinness World Records,” tulis sebuah siaran press.

VW menjelaskan, bahwa kendaraan itu menggunakan total 77,25 liter bahan bakar. Bila dihitung rata-rata maka konsumsi bahan bakar tersebut setara dengan 3,13 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer.

“Seperti halnya Polo dan Glof Bluemotion, Passat juga menawarkan modifikasi aerodinamika, teknologi Stop/Start, dan pengisian ulang baterai regeneratif. Itulah yang menjadikannya irit bahan bakar dan rendah emisi,” sebut VW.

Pabrikan asal Jerman tersebut menjelaskan, bahwa Passat yang digunakan dalam pemecahan rekor tersebut adalah model produksi standar. Kendaraan ini didukung oleh mesin 1.6 liter common rail TDI yang mampu memberikan tenaga sebesar 105 hp.

Mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang bertujuan mengurangi konsumsi bahan bakar dengan beberapa contoh seperti, sistem stop-start dan modifikasi aerodinamika tertentu pada body mobil tersebut.

Teknologi start stop berfungsi mematikan mesin sementara di saat mobil berhenti sejenak kala lampu lalu lintas mengisyratakan mobil harus berhenti atau di saat terjebak kemacetan lalu lintas.

Dibandingkan dengan model Polo dan Golf Bluemotion, Passat ini telah dilengkapi dengan modifikasi aerodinamis pada bagian body, Stop-Start, program pengisian baterai, serta ban dengan rolling resistance rendah.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini