Share

Kini Ada Hummer Bertenaga Listrik

Edo Permanadhita, Okezone · Selasa 05 Oktober 2010 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 05 52 379241 y3btugrwfs.jpg Foto: Ist

DETROIT- Selama bertahun-tahun Hummer H1 telah menerima banyak kritik, karena dianggap sebagai salah satu kendaraan yang tidak ramah lingkungan dan boros bahan bakar.

Namun sebentar lagi nampaknya pandangan negatif terhadap Hummer sudah mulai luntur, karena ada sebuah organisasi lingkungan asal Swiss bernama Nation-E yang akan membuat gebrakan baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nation-E dikabarkan memiliki rencana yang cukup inovatif, yakni dengan mengembangkan versi listrik dari Hummer H1, yang akan disebut AngelH1.

Kendaraan ini rencananya akan menggunakan tenaga listrik, yang dilengkapi dengan baterai kW 60. Hebatnya, kendaraan ini nantinya tidak hanya bisa menyediakan listrik untuk dirinya sendiri, namun bisa berfungsi sebagai kendaraan penyelamat yang menyediakan listrik untuk mobil-mobil lain, bangunan, rumah sakit, lokasi konstruksi dan sebagainya dalam kondisi darurat.

Salah satu tujuan nation-E menyediakan kendaraan ini adalah untuk dapat digunakan sebagai penyedia listrik, di daerah-daerah yang telah terkena gempa bumi atau tornado dan dalam situasi krisis lainnya.

Karena biasanya, didaerah yang terkena keadaan luar biasa atau bencana seperti itu akan terkena pemadaman listrik selama berhari-hari. Maka dengan kehadiran Angle H1, diharapakan dapat membantu memasok keperluan listrik.

 

Menembus wilayah yang terisolasi dalam kondisi bencana bukan perkara sulit bagi Hummer, karena sejak dulu kendaraan ini telah dikenal tangguh dalam segala kondisi alam. Angle H1 nantinya juga diharapakan dapat memiliki kemampuan setara dengan produk Hummer lainnya.

Selain sebagai pembawa listrik, AngelH1 ternyata juga dapat berfungsi sebagai pembawa energi untuk satelit dan perangkat komunikasi lainnya.

Saat ini National-E sedang membangun jaringan mitra global, sebagai upaya untuk menumbuhkan populasi kendaraan listrik yang ramah lingkungan di seluruh dunia. Untuk mewujudkannya, National-E saat ini sedang fokus pada negara seperti Amerika Serikat, Israel, Jerman, Italia, Finlandia.

AngelH1 sendiri rencananya akan dipamerkan pada pameran E-Car-Tec di Munich, Jerman, yang akan diadakan antara 19-21 Oktober mendatang.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini