Share

Tesla Recall Ratusan Unit Mobil Listriknya

Edo Permanadhita, Okezone · Senin 04 Oktober 2010 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 04 52 378963 S7j1rRHECp.jpg Foto: Ist

CALIFORNIA- Tesla Motors, produsen mobil listrik asal Amerika, telah mengumunkan akan menarik kembali produknya dengan alasan keamanan pada model Roadster 2.0 dan 2.5.

Alasan penarikan ini terjadi, karena telah ditemukan masalah pada kabel kendaraan tersebut. Kabel tersebut dikatakan dapat berpotensi menyebabkan kebakaran karena adanya arus pendek listrik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perusahaan itu mengatakan, bahwa penarikkan kembali tersebut diputuskan karena telah ditemukan adanya kesalahan pada kabel 12 volt yang terkelupas.

Akibat lanjutan dari kabel yang terkelupas tersebut, menyebabkan hubungan arus pendek dan kebakaran di belakang headlamp kanan depan mobil.

Penarikan kembali ini akan terjadi pada total 439 roadsters 2.0 dan 2.5, namun tidak termasuk pada model sebelumnya yakni Roadster 1,5, karena tidak menggunakan kabel tersebut.

Tesla mengatakan telah menerima satu laporan yang menyebut salah satu kabel 12 volt di salah satu panel mengelupas sehingga menyebabkan hubungan arus pendek.

“Kabel kemudian akan tebakar di bagian belakang lampu utama,” sebut pernyataan Tesla yang berkantor pusat di Palo Alto, California, itu. Kabel 12 volt tersebut juga menjadi pemasok listrik bagi sejumlah system tambahan seperti airbag, lampu depan, dan lampu sein.

Tesla telah menghubungi para pemilik mobil listrik itu, terkait permasalahan di kabel tersebut. Pabrikan ini juga berencana untuk mengirim tim pelayanan ke rumah atau kantor pemilik kendaraan untuk memperbaiki mobil mereka. Perbaikan tersebut memliki durasi sekitar satu jam.

Recall ini merupakan yang kedua kalinya terjadi, pada mobil seharga Rp981 juta itu. Sebelumnyanya pada 2009, sebanyak 345 unit Roadster juga telah dipanggil dengan masalah yang berbeda.

Namun kali ini, Tesla menegaskan bahwa penarikan mobil listrik tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan baterai ataupun sistem tenaga.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini